Beranda Politik Ribuan Surat Suara Pilgub Jatim Rusak

Ribuan Surat Suara Pilgub Jatim Rusak

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung telah menyelesaikan pelipatan dan sortir surat suara untuk pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur.

Dari 866.645 surat suara yang diterima oleh KPU, sebanyak 8.058 diantaranya dalam kondisi rusak. Kerusakan tersebut diantaranya kondisi surat suara sobek, hingga model pemotongan yang tidak sama.

Komisioner KPUD Tulungagung, Victor Febrihandoko mengatakan kualitas surat suara Pilgub Jatim tidak sebaik dengan kualitas surat suara Pilbub. Hal ini dibuktikan dari rekap jumlah hasil kerusakan. Total rekap jumlah hasil kerusakan surat suara pemilihan bupati dan wakilnya hanya sebanyak 68 buah surat suara.

“Surat suara pilbup maupun pilgub telah terlipat dan tersortir semua, hasilnya ditemukan 68 surat suara pilbup yang rusak dan 8.058 surat suara pilgub yang rusak,” Ujar Victor. Selasa (5/6/2018).

Kualitas yang tidak sama ini karena perusahaan yang melakukan pencetakan sekaligus pemotongan surat suara di dua even tersebut tidak sama. Untuk perusahaan pemenang tender pencetakan surat suara pemilihan Bupati dan Wakilnya adalah PT Solo Murni, sedangkan untuk surat suara pemilihan Gubernur dan wakilnya adalah PT Pura Kudus.

| Baca Juga:  Tragis, Mandi di Sungai Dua Bocah Ini Terseret Arus

“Jadi untuk pemenang tender pencetakan surat suara pilbup itu di PT Solo Murni di Solo, sedangkan untuk Pilgub itu di PT Pura Kudus, jadi memang dua perusahaan yang tidak sama,” Lanjut Victor.

Lebih jauh victor menjelaskan, pihaknya telah melaporkan temuan ini kepada KPU Jatim guna proses penggantian surat suara yang rusak, pihaknya berharap sebelum tanggal 10 Juni seluruh surat suara pengganti sudah sampai di KPUD Tulungagung.

Sedangkan untuk surat suara yang rusak, baik surat suara pemilihan Bupati dan Wakilnya maupun surat suara Gubernur dan Wakilnya, akan dimusnahkan. Dalam proses pemusnahannya akan dilakukan secara prosedural dengan melibatkan Panwaskab dan pihak kepolisian.(*)

Reporter: Firmansyah
Editor  : Linda Kusuma

| video rekomendasi untuk anda:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here