Beranda Politik Syahri Mulyo Ditahan KPK, Tahapan Pilkada Tulungagung Jalan Terus

Syahri Mulyo Ditahan KPK, Tahapan Pilkada Tulungagung Jalan Terus

BERBAGI

AGTVnews.com – Syahri Mulyo resmi ditahan oleh KPK dalam kasus dugaan menerima suap Senilai Rp 1,5 miliar, dipastikan tidak mempengaruhi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakilnya pada 27 Juni mendatang.

Meskipun tanpa kehadiran Syahri Mulyo, proses pencoblosan tetap harus dilakukan. Seperti diketahui, Syahri Mulyo merupakan calon Bupati petahana berpasangan dengan Maryoto Birowo. Pasangan Sahto ini bertarung melawan pasangan Margiono – Eko Prisdianto.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno mengatakan, Pilkada Tulungagung akan terus berjalan sesuai tahapan. Tidak ada peluang untuk pergantian calon karena peraturan sudah tidak memungkinkan.

Kata Suprihno, sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) nomer 17 tahun 2017 disebutkan bahwa penggantian calon bisa dilakukan jika calon berhalangan tetap, kedua, calon sakit permanen dan yang ketiga adalah jika yang bersangkutan dijatuhi hukuman tetap ketika proses verifikasi atau minimal 30 hari sebelum proses pencoblosan dilakukan.

| Baca Juga:  Bangun Koalisi Gemuk, Walikota Kediri Rangkul Banyak Partai

Suprihno menegaskan yang terjadi pada Syahri Mulyo tidak seperti itu, artinya yang bersangkutan tetap bisa mengikuti Pilbup tahun 2018 dan berpasangan dengan wakilnya Maryoto Bhirowo pada perhelatan politik tersebut.

“Artinya jika sudah melalui proses verifikasi dan saat ini sudah kurang dari 30 hari ada penetapan tersebut, maka proses pemungutan suara tetap berjalan,” ujarnya.

Suprihno menegaskan, penahanan Calon Bupati oleh KPK tidak akan menggangu tahapan pilkada apalagi saat ini sudah tidak ada lagi agenda KPU yang mengharuskan calon bupati dan wakilnya bertemu maupun hadir secara fisik ke KPU ataupun tempat lain.

“Agenda yang belum dilaksanakan oleh paslon adalah rapat akbar, namun agenda tersebut tidak mengharuskan paslon baik bupati dan wakilnya untuk harus hadir dalam agenda tersebut,” pungkasnya.(*)

Reporter: Firmansyah
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here