Beranda Hukum Kriminal Tim Anti Bandit, Antisipasi Kejahatan Selama Lebaran

Tim Anti Bandit, Antisipasi Kejahatan Selama Lebaran

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Mengantisipasi munculnya aksi kejahatan saat lebaran, Kepolisian Resort Tulungagung membentuk Tim Satgas Anti Bandit. Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar mengatakan, ada 4 potensi kerawanan yang terjadi selama Operasi Ketupat 2018, salah satunya kerawanan kejahatan.

Menurut Tofik, Satgas Anti Bandit yang telah dibentuk ini akan melakukan pemantauan di wilayah-wilayah yang banyak rumah kosong ditinggal pemiliknya mudik keluar kota. Kondisi ini berpotensi menjadi incaran pelaku tindak kejahatan.

“Tim ini untuk mengantisipasi sekaligus menindak pelaku tindak kejahatan berupa pencurian, baik pencurian dengan pemberatan apalagi di rumah rumah kosong,” jelas Kapolres, Selasa (12/6/2018).

Tofik menambahkan, selain kejahatan yang menyasar rumah kosong, pihaknya juga meminta Satgas Anti Bandit untuk memantau lokasi-lokasi yang rawan kejahatan jalanan seperti hipnotis, hingga penjambretan.

| Baca Juga:  Ribuan Warga Antri Sedekah PT Gudang Garam

“Mendekati lebaran bahkan beberapa hari pasca lebaran seringkali potensi kejahatan jenis tersebut sedikit meningkat. Kejahatan jalanan lain yang sering terjadi yakni jambret juga menjadi atensi,” ucap Kapolres.

Selain membentuk satgas anti bandit, pihaknya juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan agar potensi menjadi korban tindak kejahatan bisa diminimalkan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti dengan mengunci pintu saat meninggalkan rumah, menggembok pintu pagar serta mematuhi instruksi pihak pengamanan, jika yang bersangkutan tinggal di wilayah perumahan yang memiliki sistem pengamanan internal.(*)

Reporter: Firmansyah
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here