Beranda Politik Warga Binaan Tidak Kehilangan Hak Suara

Warga Binaan Tidak Kehilangan Hak Suara

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung terus melakukan pendekatan-pendekatan untuk persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada 27 Juni 2018 nanti. Tidak hanya melakukan penditribusian logistik saja, namun KPU juga melakukan sosialisasi bagi sejumlah warga binaan di Lapas kelas IIB Tulungagung Jawa Timur.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno mengatakan sama seperti warga lainnya yang telah memiliki hak menggunakan suaranya dalam pemilihan umum. 485 warga binaan di lapas kelas 2B Tulungagung juga memiliki kesempatan yang sama untuk menggunakan suaranya dalam pemilu.

Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan oleh KPU Tulungagung, 284 warga binaan di lapas sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sedangkan sisanya belum masuk dalam DPT karena mereka baru dipindahkan di dalam lapas setelah pendataan dilakukan oleh KPU.

| Baca Juga:  Hari Ketiga Pendaftaran Bacabup Independen, Belum Satupun Yang Mendaftar

“Jadi yang 284 itu warga Tulungagung yang sudah masuk DPT awal, namun ada tambahan warga binaan dari lapas lain yang baru masuk ke lapas setelah pendataan DPT. Jadi akan kita data berapa banyak tambahan tersebut, ada sekitar 200an kalau tidak salah,” ujar Suprihno, Sabtu (23/6/2018).

Saat ini KPU Tulungagung telah berkoordinasi dengan Kepala Lapas untuk bisa melakukan pendataan ulang. Pendataan ulang ini untuk memastikan warga binaan yang memiliki hak menggunakan suaranya agar bisa masuk dalam DPT.

“Langkah pertama KPU adalah mencocokkan data warga binaan yang belum terdata dengan data DPT yang memiliki database nasional. Jika yang bersangkutan telah terdaftar di DPT awal maka akan dibuatkan formulir A5, formulir untuk pindah lokasi memilih,” jelas Suprihno.

| Baca Juga:  Akan Nyoblos, Lansia Ini Terjatuh di TPS dan Tewas

Namun jika yang bersangkutan belum terdaftar dalam DPT kabupaten atau kota asal mereka, maka mereka diminta untuk menunjukkan EKTP, Suket maupun Kartu keluarga (KK) untuk memastikan agar mereka bisa masuk dalam DPT.

Untuk mempermudah proses pencoblosan, KPU Tulungagung telah mempersiapkan satu TPS di dalam lapas yang masuk dalam wilayah kecamatan kedungwaru desa Rejoagung. Dalam TPS tersebut tidak hanya warga binaan yang boleh menggunakan hak pilihnya namun juga petugas lapas yang tetap bekerja pada hari tersebut.(*)

Reporter: Firmanto Irmansyah
Editor  : Linda Kusuma