Beranda Peristiwa 4 Warga Pejalan Kaki Pare-Jakarta Sampai di Kendal

4 Warga Pejalan Kaki Pare-Jakarta Sampai di Kendal

BERBAGI

AGTVnews.com – Empat warga Kampung Kongan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, yang berjalan kaki menuju istana untuk bertemu Presiden Jokowi, sudah memasuki Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Jumat malam (6/7/2018).

Saat ini, rombongan yang terdiri dari Anugrah Yunianto, Eko Wahyudi, Vicky Wawa dan Eko Sumarni tengah beristirahat di sebuah mushola di kota kecil perbatasan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang.

Anugrah Yunianto alias Antok, dihubungi redaksi AGTVnews.com mengaku baru menemukan tempat beristirahat pada pukul 8 malam. Padahal biasanya rombongan akan beristirahat begitu petang datang.

“Malam ini agak ada masalah. Mohon doanya saja agar perjalanan kami bisa lancar,” kata Antok, yang menjadi pimpinan rombongan.

Awalnya Antok tidak bersedia menjelaskan, apa masalah yang dihadapi saat mencari tempat beristirahat. Namun saat didesak, pemilik Sanggar Bocah Dolanan yang menghimpun anak jalanan di Kabupaten Kediri ini mau bercerita.

“Tadi kami sempat dua kali diusir saat menumpang istirahat di tempat ibadah. Yang pertama takmirnya boleh, tapi Pak RT tidak memberi izin. Lalu kami melanjutkan perjalanan. Di tempat kedua, pengurusnya ada yang membolehkan ada yang melarang, akhirnya kami berpamitan saja,” terang Antok.

| Baca Juga:  Empat Pejalan Kaki Pare-Jakarta Tiba di Nganjuk

Menurut Antok, baru hari ini dirinya kesulitan mencari tempat istirahat. Saat singgah di kota-kota sebelumnya, lebih banyak yang menyambut. “Mungkin mereka khawatir kenapa-kenapa. Kami maklum,” jelasnya.

Selama 6 hari jalan kaki, lanjut Antok, suka duka datang silih berganti. Mulai kedua telapak kaki melepuh, hingga sandal putus saat perjalanan jauh dari kampung. “Kalau sandal kami sudah habis banyak. Termasuk plester sudah habis beberapa boks,” kata Antok.

Meskipun melelahkan, namun Antok dan 3 anggota rombongan lainnya masih tetap semangat melanjutkan perjalanan hingga bisa menemui Presiden Jokowi.

“Kami masih percaya, ada keadilan bagi masyarakat yang membutuhkan. Kami menempuh upaya damai, santun dan mengedepankan data untuk penyelesaian sengketa tanah Kampung Kongan,” pungkas Antok.

Diberitakan sebelumnya, 4 warga Kampung Kongan Kelurahan/Kecamatan Pare Kabupaten Kediri nekat berjalan kaki menuju Jakarta untuk menemui Presiden Jokowi, Minggu pagi (1/7/2018). Mereka bermaksud mengadukan permasalahan sengketa tanah yang saat ini ditinggali 2000 warga, karena ada klaim kepemilikan oleh PT KAI.(*)

Reporter: Pijar Iman
Editor  : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here