Beranda Ekonomi Bisnis Kreatif! Anggota Satpol PP ini Sulap Kayu Limbah Jadi Poster Keren

Kreatif! Anggota Satpol PP ini Sulap Kayu Limbah Jadi Poster Keren

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Anggota Satpol PP Kota Blitar ini patur diacungi jempol. Ditengah kesibukannya bekerja, masih bisa menyisihkan waktu untuk berkarya hingga menghasilkan keuntungan melebihi gajinya.

Dia adalah Rapid Ikbar, pemuda yang tinggal di Kelurahan Kauman Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Ditangannya, limbah kayu bekas peti kemas diubah menjadi home decor wood poster yang keren. Wood poster ini dibuatnya dengan berbagai ukuran dan corak gambar di galeri yang terletak di samping rumahnya.

“Awalnya hanya iseng, karena bingung mau ngasih kado ke teman yang akan menikah. Lalu muncul ide membuat wood poster. Saat itu masih dari bahan seadanya. Sejak saat itu banyak yang memesan,” ungkap Rapid Ikbar ditemui di rumahnya, Selasa (10/7/2018).

Rapid mengaku membagi waktunya untuk berkreasi setelah pulang bertugas sebagai petugas Satpol PP. Ia mencari sendiri bahan limbah kayu dari lokasi bongkar muat barang di daerah Malang dan Surabaya.

Kayu-kayu limbah peti kemas itu kemudian dibongkar, diamplas dan dibentuk sesuai ukuran yang diinginkan. Kemudian gambar dicetak di atas kayu dan dilapisi lapisan anti air. “Bahannya saya dapat dari Surabaya dan Malang dari tempat-tempat bongkar muat barang,” jelasnya.

| Baca Juga:  Kreatif, Ubah Handuk Bekas Jadi Pot Bunga Indah

Hasil kerajinan buatannya lebih banyak di promosikan melalui media sosial. Pelangganya selain dari Kota Blitar dan daerah di sekitarnya juga banyak yang dari luar pulau. Bahkan tak jarang produk kreatif buatan Rapid dipesan pelanggan dari Batam.

“Paling banyak dari dalam kota sama dari daerah sekitar sini. Tapi sering juga kirim ke luar pulau,” paparnya.

Wood poster buatan Rapid, dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Satu buah wood poster dijual antara Rp 20.000 hingga Rp 150.000 saja, tergantung ukurannya. Saat ini ia bisa meraih omset Rp 5 juta hingga Rp 8 juta perbulan dengan jumlah produksi 20 buah perhari.

Mella, salah satu pelanggan mengaku tertarik dengan wood poster buatan Rapid karena unik dan masih jarang ditemui produk serupa dengan harga terjangkau. Ia mengaku sering memesan wood poster kepada Rapid untuk berbagau kebutuhan. Baik untuk dijadikan pajangan dinding di rumahnya ataupun untuk kado.

“Harganya terjangkau, dan unik kalau dibuat untuk kado atau kenang-kenangan untuk teman atau saudara,” tuturnya saat membeli wood poster di tempat Rapid.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  :Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here