Beranda Hukum Kriminal Mengenaskan! Banyak Anak Binaan LPKA Tidak Pernah Dikunjungi Keluarga

Mengenaskan! Banyak Anak Binaan LPKA Tidak Pernah Dikunjungi Keluarga

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Menjalani pembinaan menjadi masa yang sulit bagi anak-anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas I Blitar. Mereka harus hidup terpisah dari keluarganya karena melakukan pelanggaan hukum. Ironisnya, banyak dari anak binaan ini yang tidak dikunjungi oleh keluarganya.

Data dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur, banyak anak binaan yang tak dikunjungi keluarganya, selama menjalani masa pembinaan. Bahkan banyak anak yang sudah tak dijenguk keluarganya selama dua tahun terakhir.

Menanggapi kondisi ini, Ketua LPA Jatim Elya Muschabiati mengharapkan kepedulian masyarakat pada anak binaan di LPKA ditingkatkan.

“Kami melakukan berbagai upaya agar anak-anak tetap merasa dekat dengan keluarga. Bahkan kami menjemput keluarganya untuk berkunjung ke LPKA ini,” kata Elya saat menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di LPKA Kelas I Blitar, Rabu (11/7/2018).

Sementara ketua LPA Blitar Rachmad Widiharto mengatakan, dari beberapa kasus kaburnya anak dari LPKA Blitar, motifnya karena rindu ingin bertemu keluarganya. Apalagi LPKA Blitar dihuni anak binaan dari seluruh Jawa Timur.

| Baca Juga:  Kak Seto Beri Semangat dan Motivasi Anak Binaan LPKA Blitar

“Faktor ekonomi, jarak tempuh dan kesibukan orang tua bisa jadi penyebab mereka tidak mengunjungi anaknya di sini,” imbuhnya.

Lanjut Rachmad, kehadiran LPA di LPKA Klas I Blitar diharapkan bisa menggantikan posisi orang tua mereka. Apalagi bagi yang tidak pernah dikunjungi keluarganya.

Hal inilah yang akhirnya menjadi salah satu alasan peringatan HAN digelar di LPKA Klas I Blitar.

“Kami ingin anak-anak merasa mendapatkan perhatian dari kita semua. Alhamdulillah Kepala LPKA Blitar menyambut usulan kami ini. Sehingga forum peduli anak, tiap Kamis kesini. Gak usah pakai istilah konseling. Curhat saja bagi mereka sudah cukup mengurangi kerinduan pada keluarganya,” ungkapnya.

Acara HAN 2018 ini juga dihadiri Kemenkumham Jatim, perwakilan dari Kota/Kabupaten Blitar dan tokoh anak, Seto Mulyadi. (*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here