Beranda Ekonomi Bisnis Blitar Jadi Pemasok Utama Kebutuhan Telur DKI Jakarta

Blitar Jadi Pemasok Utama Kebutuhan Telur DKI Jakarta

BERBAGI

AGTVnews.com – Kabupaten Blitar dipastikan akan menjadi pemasok utama kebutuhan telur di Ibukota DKI Jakarta. Kapasitas produksi telur di sentra peternakan Kabupaten Blitar diyakini cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Bupati Blitar, Rijanto mengungkapkan, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menjadi pemasokan utama kebutuhan telur di DKI Jakarta.

“Kebutuhan telur di Jakarta perhari saja sampai 250 ton. Dari kebutuhan itu saat ini Kabupaten Blitar baru mampu menyuplai sekitar 125 ton pe rbulan. Namun jumlah ini akan terus ditingkatkan hingga kapasitas 250 ton per bulan atau 2 kali lipatnya dari sekarang,” jelas Rijanto, Selasa (10/7/2018).

Saat ini, lanjut Rijanto, produksi telur di Kabupaten Blitar mencapai 450 ton per hari. Jumlah tersebut dibagi untuk dikirim ke beberapa daerah di Indonesia diantaranya Kalimantan, Sumatera, dan Indonesia timur serta untuk pemenuhan kebutuhan pasar lokal.

“Sementara ini kita masih kirim ke berbagai daerah. Harapannya nanti kita bisa mencukupi semua kebutuhan Jakarta. Sebab pasar di sana sudah jelas,” papar Rijanto.

Sementara itu ketua Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) Kabupaten Blitar, Sukarman mengatakan, pihaknya optimis dapat memenuhi target dalam kerja sama tersebut. Saat ini pengiriman telur dari Kabupaten Blitar ke DKI Jakarta dikelola koperasi peternak Putera Blitar sehingga mudah dalam monitoring.

| Baca Juga:  Dapil Pileg 2019 Berubah, Siapa Diuntungkan?

Saat ini, lanjut Sukarman, pihaknya baru bisa memenuhi sebanyak 125 ton perbulan. Namun dalam waktu satu dua bulan kedepan suplai akan ditambah menjadi 250 ton perbulan.

“Pengiriman setiap bulannya akan ditambah sampai jadi 250 ton perbulan. Penambahan ini diambilkan dari produksi telur peternak anggota yang ikut dalam koperasi,” jelas Sukarman.

Kabupaten Blitar merupakan sentra penghasil telur nomer 3 di Indonesia. Saat ini peternak ayam petelur di Kabupaten Blitar sebanyak 4.431 usaha. Dari jumlah tersebut, populasi ayam petelur saat ini mencapai 11 juta.

Perjanjian kerjasama suplai telur antara Pemkab Blitar dengan Pemprov DKI Jakarta dilakukan melalui BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya. Perjanjian kerjasama ini ditandatangani Bupati Blitar Rijanto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu di Jakarta.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here