Beranda Ekonomi Bisnis BPS Kota Kediri Lakukan Survei Biaya Hidup 5 Tahunan

BPS Kota Kediri Lakukan Survei Biaya Hidup 5 Tahunan

BERBAGI

AGTVnews.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri lakukan pengamatan sejumlah komoditi yang ada di Kota Kediri. Pengamatan ini dilakukan untuk melihat adanya perubahan patokan komoditi tertentu dalam penentuan inflasi yang ada di wilayahnya.

BPS melakukan survei dengan menggandeng 40 SDM perempuan. Mereka terbagi dalam 40 SDM perempuan sebagai pencacah, dan 20 lain sebagai pengawas. Mereka akan turun ke rumah-rumah penduduk sesuai lokasi sampling guna mencatat kebutuhan per-rumah tangga. Kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan untuk makanan, minum, hingga kebutuhan mandi, cuci, kakus (MCK).

| Baca Juga:  KPU Kota Kediri Serahkan Hasil verifikasi dan Perbaikan Bimtek

Ellyn Brahmana, Kepala BPS Kota Kediri mengatakan, survei biaya hidup untuk menentukan komoditi mempengaruhi inflasi. Komoditi yang dipilih bersifat khusus bukan umum. Kebutuhan khusus ini meliputi beras, maupun minyak goreng. Sementara pencatatan kebutuhan skala terkecil juga dilakukan misalnya pemakaian produk sampo, sabun dan kebutuhan lainnya.

“Misalkan sampo C, kita lihat pemakaiannya selama tiga bulan itu sampai mengeluarkan uang berapa. Dari situ kita tulis dan nantinya kita evaluasi,” ujar Ellyn.

Untuk diketahui, survei biaya hidup (SBH) ini berlangsung secara berkala dengan rentang waktu lima tahunan. Semula SBH diagendakan pada tahun 2017 karena terkendala keuangan maka diundur tahun ini.

| Baca Juga:  Keluarga Salah Satu Kru Nanggala 402 di Kediri Masih Berharap Yang Terbaik

Di Kota Kediri jumlah responden dalam penentuan survei biaya hidup (SBH) sebanyak 400 orang. Respoden ini tersebar di tiga kecamatan dengan pertimbangan kondisi sosial ekonomi responden. Sementara penentuan sampling berdasarkan penghitungan tertentu oleh BPS pusat.(*)

Reporter: M Ubaidillah
Editor  : Linda Kusuma