Beranda Pemerintahan Daftar Caleg, ASN Wajib Mengundurkan Diri

Daftar Caleg, ASN Wajib Mengundurkan Diri

BERBAGI
Blitar, AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten Blitar mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) dilingkup Pemkab Blitar yang akan maju sebagai calon legislatif (bacaleg) untuk segera mengundurkan diri. peringatan ini tegas disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar Totok Subihandono.

Pernyataan ini disampaikan Totok, menanggapi adanya kabar seorang Camat di salah satu Kecamatan di Kabupaten Blitar mendaftar sebagai Bacaleg pada pemilu 2019 mendatang. Camat tersebut diduga sudah mengikuti penjaringan figur ditingkat partai politik untuk dijadikan calon legislatif. Padahal yang bersangkutan masih berstatus aktif sebagai ASN.

“ASN wajib mengundurkan diri. Karena pada prinsipnya semua ASN tidak boleh terlibat politik,” tegas Totok Subihandono, Selasa (3/7/2018).

| Baca Juga:  Cegah Corona, Pemkab Blitar Semprot Tempat Ibadah Lintas Agama

Menurut Totok, peraturan ini tidak hanya berlaku bagi camat yang statusnya ASN. Namun juga bagi kepala desa dan perangkatnya. “Kades dan perangkatnya juga harus mundur. Itu jelas aturanya,” paparnya.

Menanggapi hal ini DPD Partai Golongan Karya Kabupaten Blitar angkat bicara. Partai berlambang pohon beringin ini sebelumnya santer dikabarkan sebagai parpol yang menerima camat aktif menjadi Bacalegnya.

“Memang benar beliau datang ke kita untuk menanyakan persyaratan untuk menjadi Bacaleg kami. Kalau hanya sekedar bertanya siapapun kan boleh. Tapi kalau misalnya beliau mau maju ya harus mengundurkan diri dulu dari jabatanya sebagai camat maupun dari statusnya sebagai ASN. Partai Golkar juga tahu aturanya. Kita tidak sembarangan merekrut Bacaleg,” tegas Anik Wahyuningsih Sekretaris DPD Partai golkar Kabupaten Blitar.

| Baca Juga:  Minimalisir Dampak Perekonomian Akibat Covid-19, PPKBP3A Kabupaten Blitar Salurkan Bantuan Untuk 5 Desa

Sebelumnya beredar kabar, bila salah satu camat yang ada di wilayah Kabupaten Blitar mendatangi kantor DPC Partai Golkar dan menanyakan perihal perkrutan bacaleg di partai pohin beringin tersebut.(*)

Reporter: Ana Alana

Editor : Linda Kusuma