Beranda Peristiwa Demo Tolak Pelatikan Pejabat Kades Dibubarkan Aparat

Demo Tolak Pelatikan Pejabat Kades Dibubarkan Aparat

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Aksi unjuk rasa penolakan pelantikan pejabat kepala Desa Pesing di Kantor Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri berlangsung ricuh, Kamis (5/7/2018). Petugas membubarkan aksi yang digelar warga Desa Pesing tersebut karena tidak mengantongi izin.

Warga yang melakukan aksi tidak hanya kaum laki-laki saja, namun juga ibu-ibu dan anak-anak warga desa Pesing. Warga menolak pelantikan pejabat Desa Pesing, Andrea Rangga Primansya, karena bukan warga setempat.

Namun aksi tersebut berubah ricuh, saat pihak kepolisian membubarkan aksi tersebut. Warga diminta untuk mundur dari halama kantor kecamatan dan diminta untuk tenang. Tindakan tersebut diambil karena warga tidak mengantongi izin untuk melakukan aksi demo.

“Warga tidak membawa surat izin melakukan aksi demo. Mereka hanya membawa surat pemberitahuan aksi saja. Jadi aksi ini kami tertibkan agar pelantikan berjalan dengan lancar dan aman,” jelas AKP Didik Warsito Kapolsek Purwoasri, Kamis (5/7/2018).

Sementara itu, salah satu perwakilan warga, Arif mengaku, izin yang diminta oleh petugas memang tidak bisa diberikan. Karena surat pelantikan diterima warga hanya berselang satu hari sebelumnya.

| Baca Juga:  Bupati Kediri Pimpin Pemusnahan Miras Ilegal

“Kita dapatnya undangan pelantikan itu mendadak juga. Jadi kita mau urus izinnya juga sudah tidak mungkin. Makanya kita hanya memberikan surat pemberitahuan aksi saja,” jelas Arif.

Arif menambahkan, dirinya dan warga yang lain mau mundur, karena memang ingin menjaga kondusifitas yang ada di Desa Pesing. “Kita warga Desa Pesing bukan warga yang anarkis. itu sudah kami sampaikan ke pak Kapolsek juga,” pungkas Arif. Rencananya, warga masih akan membuat aksi susulan, untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Diketahui, pejabat Kepala Desa Pesing, Andrea Rangga Primansya dan kepala Desa Tugu Mudasir, diambil sumpah jabatannya. Pengambilan sumpah jabatan ini dilakukan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Kediri.

Pelatikan ini dilakukan, karena masa bakti kepala desa sebelumnya telah berakhir. Sementara pemerintah Kabupaten Kediri tengah menyiapkan pemilihan Kepala Desa yang baru.(*)

Reporter: Tim Liputan
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here