Beranda Pemerintahan Gagal Lelang, Siswa Baru Kota Blitar Belum Terima Seragam Gratis

Gagal Lelang, Siswa Baru Kota Blitar Belum Terima Seragam Gratis

BERBAGI
blitar hari ini

AGTVnews.com – Memasuki tahun ajaran baru, sejumlah siswa TK, SD dan SMP yang ada di Kota Blitar Jawa Timur ternyata belum mendapatkan jatah seragam gratis dari Pemerintah Kota Blitar. Kondisi ini berbeda dengan tahun ajaran baru sebelumnya, siswa baru langsung mendapatkan jatah seragam gratis.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dindin Alinurdin menyatakan, Pemkot Blitar tetap berkomitmen memberi seragam gratis bagi siswa. Hanya saja proses lelang masih belum selesai.

“Lelang pengadaan seragam gratis belum ada pemenangnya. Sehingga pada awal tahun ajaran baru seragam gratis belum bisa dibagikan untuk siswa,” kata Dindin Alinurdin, Selasa (17/7/2018).

Dindin menjelaskan, saat ini Dinas Pendidikan Kota Blitar melakukan lelang ulang pengadaan seragam gratis untuk siswa. Dinas berharap lelang kali ini berjalan lancar. Dengan begitu, seragam gratis untuk siswa bisa segera direalisasikan.

| Baca Juga:  Pemkot Blitar Serahkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Bencana Puting Beliung

“Kami berharap lelang kali ini berjalan lancar. Pada lelang pertama memang sejumlah perusahaan yang mengikuti proses lelang tidak memenuhi syarat,” tutur Dindin.

Dengan adanya kendala teknis ini, pihak Dinas Pendidikan Kota Blitar juga menyampaikan maaf kepada wali murid. Karena jika lelang berjalan lancar seharusnya seragam gratis sudah dibagikan kepada para siswa pada minggu lalu.

Dinas Pendidikan Kota Blitar mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,7 miliar untuk pengadaan seragam gratis bagi siswa TK, SD, dan SMP.

Anggaran sebesar itu, dibagi dengan jumlah bervariasi tergantung kebutuhan masing-masing tingkatan sekolah. Baik TK,SD maupun SMP. Seragam gratis itu diberikan untuk siswa sekolah negeri yang berdomisili di Kota Blitar.

Data dari Dinas Pendidikan Kota Blitar, jumlah siswa TK yang menerima seragam gratis sebanyak 744 anak dari 17 TK negeri. Sedangkan jumlah siswa SD yang menerima seragam sebanyak 2.050 siswa. Untuk siswa SMP yang menerima seragam gratis jumlahnya 2.075 siswa.

| Baca Juga:  Plt Walikota Blitar Pimpin Langsung Sterilisasi Makam Bung Karno

Pemberian seragam gratis untuk siswa tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, para siswa menerima seragam dalam bentuk jadi. Sebelumnya, Pemkot memberikan seragam dalam bentuk kain ke siswa. “Iya nanti sudah dalam bentuk jadi, bukan kain,” imbuhnya.

Seragam gratis merupakan program yang diluncurkan Wali Kota Blitar yang kini jadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Samanhudi Anwar di periode pertama kepemimpinanya.

Selain seragam gratis, seluruh biaya mulai SPP, bus sekolah, buku, Tab, hingga sepeda diberikan gratis dari dana yang bersumber dari APBD Kota Blitar.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma