Beranda Politik Kemenangan Khofifah-Emil di Tulungagung Tidak Diakui Saksi Gus Ipul-Puti

Kemenangan Khofifah-Emil di Tulungagung Tidak Diakui Saksi Gus Ipul-Puti

BERBAGI

AGTVnews.com – Rekapitulasi berjenjang pemilihan Gubernur Jawa Timur dan Bupati Tulungagung memasuki babak akhir, Rabu (4/7/2018). Ditandai dengan rekapitulasi suara 14 Kecamatan di Tulungagung.

Hasilnya, untuk Pemilihan Gubernur Jawa Timur pasangan Khofifah-Emil meraup 304.149 suara, sedangkan pasangan Gus Ipul-Puti mendapat 290.498 suara. Rekapitulasi tingkat kabupaten ini dihadiri seluruh petugas PPK, KPU Kabupaten, Panwascam dan Panwas Kabupaten.

Namum hasil yang telah dibacakan tersebut tidak diterima oleh saksi pasangan Calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Menurut saksi pasangan nomor 2 ini, banyak perbedaan data DPT dan surat suara di 6 kecamatan.

“Kami menemukan sejumlah perbedaan bahkan form DA ganda yang menyebutkan jumlah DPT dan surat suara yang diterima sejumlah TPS di 6 kecamatan ada perbedaan. Jumlahnya sangat banyak mencapai 3 ribu surat suara,” ujar Mansyur, saksi paslon Gus Ipul-Puti di lokasi rekapitulasi.

Mansyur menjelaskan, temuan tersebut tersebar di 6 kecamatan, mulai dari Sumbergempol, Tulungagung, Tanggung Gunung, Pakel, Rejotangan dan Ngunut. Bahkan pihaknya menduga akan ada banyak kecamatan lagi yang berpotensi sama. Ada ketidaksamaan data dalam DPT dan jumlah surat suara.

| Baca Juga:  Paslon Walikota Kediri Ikuti Debat Publik Pertama

Ketua KPU yang hadir dalam rekapitulasi tersebut memberikan opsi pilihan untuk pemeriksaan data antara PPK, Panwas dan saksi paslon. Namun Mansyur menolak hal tersebut dengan alasan akan membahasnya terlebih dahulu dengan tim internal Gus Ipul-Puti.

“Tidak bisa pak, kami akan membahas dulu hal ini dengan tim pemenangam internal terlebih dahulu sebelum melanjutkan rekapitulasi maupun menandatanganinya,” lanjut Mansyur.

Mansyur menegaskan, selama belum ada perintah dari tim pemenangan, pihaknya tidak akan berani mengambil keputusan untuk menandatangani hasil rekapitulasi.

Sementara itu menanggapi hal ini, Ketua KPU Tulungagung, Suprihno mengatakan pihaknya mempersilahkan jika saksi paslon menolak hasil rekapitulasi dengan melayangkan keberatannya. Namun keputusan saksi yang tidak menandatangani hasil rekapitulasi tidak akan mempengaruhi hasilnya.

“Ya ini sudah selesai rekapitulasinya, Tidak nunggu tanda tangannya,” tegas Suprihno.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor  : Yusuf saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here