Beranda Politik Kotak Suara Pilbub Tulungagung Dibuka Paksa

Kotak Suara Pilbub Tulungagung Dibuka Paksa

BERBAGI

AGTVnews.com – Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung membuka paksa salah satu kotak suara pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara tingkat Kabupaten, Rabu (4/7/2018).

Petugas membuka paksa gembok kotak suara tersebut, karena kuncinya tertinggal. Kotak suara yang bermasalah tersebut dari PPK Boyolangu.

Ketua PPK Boyolangu, M Hufron mengatakan, kunci gembok kotak suara tertinggal di tas yang kemarin dia gunakan. “Kebetulan tas yang saya bawa hari ini beda dengan yang kemarin,” ujar Hufron.

Hufron menjelaskan, kendati ada 2 buah kunci untuk masing-masing gembok, namun kedua kunci tersebut semuanya tertingal. Jika satu kunci tertinggal di tas, sedangkan kunci lainnya tertinggal di kantor kecamatam Boyolangu.

| Baca Juga:  Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Khofifah Ajak Kembali ke Pasar Tradisional

Hufron menegaskan, karena jarak rumah maupun kecamatan cukup jauh dengan lokasi penghitungan suara maka diputuskan gembok di kotak suara tersebut dibuka paksa menggunakan tang ukuran besar yang telah disiapkan.

“Daripada menunggu lama akhirnya diputuskan dibuka paksa. Toh semua saksi dan pengawas sudah sepakat dengan itu, alatnya juga sudah disiapkan,” pungkasnya.

Rekapitulasi tingkat kabupaten kali ini merupakan rangkaian dari rekapitulasi berjenjang yang dilakukan oleh KPU dalam memastikan perolehan suara dalam pemiliham gubernur dan wakilnya serta pemilihan Bupati dan wakilnya tahun 2018.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here