Beranda Politik KPU dan Bawaslu Jatim Pantau Langsung Coblos Ulang TPS 8

KPU dan Bawaslu Jatim Pantau Langsung Coblos Ulang TPS 8

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 8 kelurahan Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar Jawa Timur dilakukan di Aula Stadion Soprijadi Kota Blitar, Minggu (1/7/2018). Jalannya PSU ini mendapat pengawasan langsung dari Bawaslu dan KPU Provinsi Jawa Timur.

Menurut koordinator divisi hukum dan penindakan Bawaslu Jatim, Totok Hariyono, kesalahan terjadi di TPS 8 Kota Blitar bukan merupakan indikasi terjadinya kecurangan yang sengaja dilakukan. Namun memang ada kesalahan administrasi.

“Saya yakin tidak ada unsur kesengajaan menambah jumlah surat untuk memenangkan paslon tertentu. Hanya masalah administrasi saja,” papar Totok Hariyono, Minggu (1/7/2018).

Kesalahan administrasi tersebut ditindak lanjuti dengan menggelar PSU. Namun nantinya Totok mengharapkan penyelenggara pemilu melakukan evaluasi. Evaluasi tersebut dilakukan agar pada gelaran pemilu berikutnya lebih profesional.

“Yang terpenting evaluasi, kedepan agar lebih profesional lagi. Tidak ada sanksi, sanksinya ya PSU ini,” tegas Totok.

Hal senada juga diungkapkan komisioner Bidang Perencanaan dan Data KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam. Menurutnya, proses PSU di Kota Blitar merupakan suatu penyempurnaan proses pemungutan suara, karena ada kesalahan administrasi. “Saya kira ini adalah hal yang lazim. Ketika ada pelanggaran kesalahan administrasi diselesaikan dengan PSU,” jelas Choirul Anam.

| Baca Juga:  Nyoblos di TPS Ini Serasa Datang Ke Pesta Kawinan

Sementara komisioner KPU Kota Blitar Divisi Teknis Mashudi mengatakan, PSU di TPS 8 Kepanjenlor, ini masih dilaksanakan oleh petugas KPPS yang sama dengan pelaksanaan Pilgub 27 Juni lalu. Semua kelengkapan juga tidak berubah.

“Bedanya pada PSU ini, C6 dan surat suara terdapat tulisan PSU (pemungutan suara ulang). Lainnya semua kelengkapan dan petugas masih sama seperti 27 Juni lalu,” papar Mashudi.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 8 Kepanjenlor, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar sebanyak 353 pemilih. PSU ini dilakukan pasca adanya 12 orang yang diketahui merupakan pemain sepakbola kesebelasan PSBK dan Blitar United ikut mencoblos di TPS yang bertempat di hall Stadion Soeprijadi tanpa membawa form A5. Mereka mencoblos hanya dengan membawa KTP.

Di Jawa Timur sendiri ada tiga daerah yang menggelar PSU Pilgub Jatim. Diantaranya Kabupaten Kediri satu TPS, Kota Blitar satu TPS, dan Kota Surabaya satu TPS. Sementara PSU untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati terjadi di Jombang satu TPS dan Bangkalan satu TPS.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here