Beranda Pendidikan Menag Resmikan Alih Status Stain Menjadi IAIN Kediri

Menag Resmikan Alih Status Stain Menjadi IAIN Kediri

BERBAGI
kediri hari ini

AGTVnews.com – Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin meresmikan secara langsung alih status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Peresmian tersebut berlangsung di Gedung Sport Center IAIN Kediri, ditandai dengan pemukulan bedug dan penandatanganan prasasti, Kamis (26/7/2018).

“Lahirnya IAIN ini bukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini saja, namun puluhan bahkan ratusan tahun yang akan datang,” kata Menag dalam sambutannya.

Perubahan atau transformasi status STAIN Kediri menjadi IAIN Kediri menurut Menag merujuk Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 26 tahun 2018.

“Ini menjadi kebanggan kita semua semoga bisa meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di Kediri, Indonesia dan bahkan bisa internasional,” ujarnya.

Selain itu, menurut Menag transformasi kelembagaan STAIN menjadi IAIN Kediri ini harus diikuti dengan transformasi Pendidikan yang seimbang hal itu berawal dari visi dan misi pengembangan IAIN, transformasi sumberdaya manusia dan transformasi kultur dan juga nilai tradisi IAIN.

Selain Menag, Rektor IAIN Kediri Nur Chamid juga mengatakan dengan adanya alih status kali ini dirinya yakin IAIN akan semakin berkembang.

“Saya rasa ini semua akan disambut oleh seluruh civitas akademika IAIN kediri dan insyaalah kedepannya kita lebih baik,” tuturnya.

Nantinya, kata Nur Chamid setelah Peresmian kali ini, IAIN akan menambah fakultas baru diantaranya Fakultas Ilmu Bisnis (FEBI). “Insyaallah itu masuk karena matematika juga sudah diarahkan ke sana,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara kali ini sejumlah rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Kakanwil Kemenag Jawa Timur Syamsul Bahri, Wakil Walikota Kediri Lilik Muhibbah, dan beberapa tokoh masyarakat.(*)

Reporter: M Ubaidhillah
Editor  : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here