Beranda Politik Partisipasi Pemilih pada Coblos Ulang Turun

Partisipasi Pemilih pada Coblos Ulang Turun

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Partisipasi pemilih pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 8 Kepanjenlor, Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar menurun. Jika pada pelaksanaan Pilgub 27 Juni lalu sebanyak 282 pemilih ikut berpartisipasi, pada PSU tercatat hanya 221 pemilih yang hadir, Minggu (1/7/2018).

Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Blitar Mashudi mengatakan, sebagai penyelenggara pihaknya mentargetkan semua yang masuk DPT berpartisipasi. Namun pihaknya memaklumi jika ada pemilih yang tidak datang karena mungkin sedang tidak berada di Kota Blitar saat PSU digelar.

“Mungkin saja diantara mereka ada yang sudah masuk kerja. Sedangkan kerjanya di luar kota. Jadi kami maklum jika tingkat partisipasi turun. Meski target kami yang hadir sesuai DPT,” ungkap Mashudi kepada wartawan, Minggu (1/7/2018).

Menurut dia, secara keseluruhan pelaksanaan PSU di TPS 8 Kepanjenlor, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar berjalan lancar.

Selain di TPS 8 yang terletak di hall stadion Soeprijadi, KPPS TPS 08 Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar juga menyediakan TPS mobile. Layanan mobile ini untuk menfasilitasi pemilih manula dan difabel di Rt 5 Rw 4 Kelurahan Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul.

| Baca Juga:  KPU Kota Kediri Gelar Simulasi Pemungutan Suara

“Ada sembilan warga didatangi rumahnya oleh petugas KPPS. Dengan kawalan ketat PTPS, Panwas, PPL, PPK dan satpol pp dan kepolisian,” imbuhnya.

PSU ini dilakukan pasca adanya 12 orang yang diketahui merupakan pemain sepakbola kesebelasan PSBK dan Blitar United ikut mencoblos di TPS yang bertempat di hall Stadion Soprijadi tanpa membawa form A5. Mereka mencoblos hanya dengan membawa KTP.

Di Jawa Timur sendiri ada tiga daerah yang menggelar PSU Pilgub Jatim. Diantaranya Kabupaten Kediri satu TPS, Kota Blitar satu TPS, dan Kota Surabaya satu TPS. Sementara PSU untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati terjadi di Jombang satu TPS dan Bangkalan satu TPS.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here