Beranda Ekonomi Bisnis Pemkot Blitar Akan Renovasi Pasar Dimoro Pedagang Berjubel Mengganggu Lalu Lintas

Pemkot Blitar Akan Renovasi Pasar Dimoro Pedagang Berjubel Mengganggu Lalu Lintas

BERBAGI

AGTVnews.com – Pemerintah Kota Blitar berencana merenovasi sejumlah pasar tradisional yang ada di wilayahnya. Pasar tradisional ini kondisinya dinilai tidak layak karena banyaknya pedagang yang berjubel dan juga tumpukan sampah.

Selain pasar Templek dan Pasar Legi, Pemkot akan merenovasi Pasar Hewan Terpadu Dimoro pada tahun 2018 ini.

Pasar Hewan Terpadu Dimoro ini dinilai tidak layak, karena banyaknya pedagang burung dan ayam yang terpusat di satu bagian saja. Sementara pasar hewan ini menjadi satu-satunya pasar hewan di Kota Blitar yang bisa memacu geliat sektor ekonomi dan peternakan di Kota Proklamator tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar Arianto mengatakan, renovasi Pasar Hewan Terpadu Dimoro tidak akan dilakukan secara keseluruhan. Namun hanya khusus untuk para penjual burung.

“Untuk pasar burung yang ada di sebelah selatan akan kita pindah ke sebelah barat yang sekarang digunakan untuk lahan parkir,” tutur Arianto, Jumat (6/7/2018).

| Baca Juga:  Terkait Temuan Sidak Komisi I, Begini Jawaban RSUD Mardi Waluyo

Penggunaan area parkir untuk penjual burung tersebut dilakukan agar aktivitas jual beli di pasar hewan yang terbelah jalan raya itu tidak hanya terpusat di sisi timur saja. Sehingga sering menimbulkan kemacetan.

Untuk merelokasi pasar burung ini, Pemerintah Kota Blitar membutuhkan anggaran hingga Rp 2 miliar. Anggaran tersebut akan diajukan ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan. “Anggarannya maksimal dua Miliar. Nanti akan kita ajukan ke Pemerintah Pusat,” imbuhnya.

Menurutnya, setelah direlokasi ke sebelah barat, bekas pasar burung akan digunakan untuk tempat parkir, termasuk perbaikan saluran irigasi. Ariyanto memastikan, relokasi para pedagang akan dilakukan tahun 2018 ini. “Pastinya tahun ini akan kita realisasikan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here