Beranda Hukum Kriminal Polres Kediri Kota Luncurkan 3 Aplikasi Pelayanan Masyarakat

Polres Kediri Kota Luncurkan 3 Aplikasi Pelayanan Masyarakat

BERBAGI

AGTVnews.com – Polres Kediri Kota meluncurkan tiga aplikasi berbasis informasi guna menunjang kinerja polisi dalam bertugas dan juga untuk melayani masyarakat, Rabu (11/7/2018). Tiga aplikasi tersebut, Integrated Command Centre (ICC), E Visitor dan E SPKT yang bisa di unduh di gadged.

Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi menjelaskan, tiga aplikasi itu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dua aplikasi yakni ICC dan E Visitor berfungsi untuk mengawasi kinerja anggota kepolisian dalam menjalankan tugas.

Selain itu aplikasi ini juga untuk mengendalikan kinerja anggota melalui beberapa program yakni seperti patroli barcode, patroli sambang, problem solving hingga laporan lalu lintas.

“Untuk ICC dan E Visitor itu dibuat agar kita bisa mengawasi para anggota dalam menjalankan tugasnya dan nanti kita dari command centre ini juga bisa mengendalikan kinerja anggota,” jelas Kapolres saat berada di pusat pengendali aplikasi command center.

Sedangkan E-SPKT menurut Kapolres, berguna untuk melayani masyarakat yang hendak membuat surat-surat yang berhubungan dengan kepolisian. Surat-surat tersebut seperti membuat SKCK, membuat SIM, surat kehilangan hingga izin keramaian.

| Baca Juga:  Terbelit Hutang, Guru Nekat Bobol Rumah

“Untuk surat-surat yang berhubungan dengan kepolisian, beberapa prosesnya dilakukan di aplikasi seperti mengisi formulir hingga mengisi data. Jadi nanti masyarakat datang ke Polres hanya menunjukan barcode pendaftaran yang ada di aplikasi dari hasil proses registrasi, dan menunggu keabsahannya,” tuturnya.

Dengan adanya aplikasi tersebut, harapannya bisa memangkas waktu dalam melayani masyarakat. Selain itu juga memberi kemudahan masyarakat dalam melakukan pengurusan dan perizinan.

Sementara itu Walikota Kediri Abdullah Abubakar yang turut hadir dalam launching program tersebut, mengapresiasi inovasi yang dilakukan kepolisian.

“Saya sangat bangga, mewakili warga tentunya bangga ya dan kaget polisi bisa membuat sistem yang sebegini bagusnya,” terang Mas Abu.

Selebihnya, Mas Abu berharap dengan peluncuran aplikasi tersebut nantinya masyarakat bisa terbantu dan bisa merasa aman.

“Saya berharap karena ini sudah terintegrasi, nantinya, semoga ini bisa diakses masyarakat dan bisa melayani masyarakat dengan cepat dan masyarakat bisa mengakses, itu yang terpenting. Saya tidak menyangka kepolisian bisa berbenah sebagus ini,” pungkasnya.(*)

Reporter: M Ubaidhillah
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here