Beranda Pendidikan Seragam Gratis SMA/SMK Tahun 2018 Ditiadakan

Seragam Gratis SMA/SMK Tahun 2018 Ditiadakan

BERBAGI
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Tulungagung, Solikin.

Tulungagung, AGTVnews.com – Memasuki tahun ajaran baru 2018/2019 ada beberapa kebijakan yang berubah bagi siswa SMA. Salah satunya penerimaan seragam gratis bagi sejumlah siswa SMA yang ada di wilayah Kabupaten Tulungagung.

“Tahun ini tidak ada paket seragam gratis untuk peserta didik kelas X,” ucap Solikin, kepala Cabang Dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Tulungagung, Rabu (11/7/2018).

Menurut Solikin, sampai saat ini belum ada petunjuk dari Dinas Pendidikan Provinsi terkait pemberian seragam gratis. Pihaknya memprediksikan tahun ini program tersebut dihentikan sementara waktu dan kemungkinan akan dilaksanakan lagi pada tahun-tahun mendatang.

“Belum ada petunjuk, saya juga tidak tahu kemungkinan tidak seperti tahun kemarin. Kemungkinan tidak ada di tahun ini, tidak ada seragam gratis,” Ujar Solikin.

| Baca Juga:  Tasbih Kayu Songo yang Dianggap Bertuah

Solikin tidak mengetahui pasti penyebab hal ini. Selama ini pihaknya hanya menjalankan perintah dari Dinas Pendidikan Provinsi dalam hal pemberian seragam gratis kepada peserta didik kelas X tingkat SMA / SMK di Kabupaten Tulungagung.

“Itukan kebijakannnya provinsi, saya hanya melaksanakannya saja,” lanjut Solikin. Pihaknya berharap kebijakan ini tidak berpengaruh pada tahapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Tulungagung.

Sementara itu, salah satu orang tua siswa SMA, Sutini mengaku baru kali ini mendengar adanya perubahan program tersebut. Baginya penghapusan program pemberian seragam gratis seharusnya tidak dilakukan karena program yang sudah dilakukan kemarin bisa meringankan beban wali murid.

| Baca Juga:  Penampakan Fosil Jaman Prasejarah di Goa Tenggar

“Ya harusnya tetap ada, soalnya itukan membantu mengurangi beban orang tua siswa. Walaupun datangnya telat, tapikan bisa dipakai kalau seragam yang ada sudah rusak,” ucap Sutini.

Sutini hanya bisa berharap Dinas Pendidikan Provinsi bisa mengalihkan ke program lain yang tujuannya sama yakni meringankan beban orang tua. “Moga-moga aja dicarikan program lain yang tujuannya sama. Sama-sama meringankan beban orang tua, misal bayar bulanannya lebih murah atau apa lah,” pungkasnya.

Pada tahun sebelumnya seluruh peserta didik kelas X SMA/SMK menerima satu paket seragam gratis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur. Namun pada tahun ini kebijakan tersebut belum ada kejelasan.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor  : Linda Kusuma