Beranda Hukum Kriminal Ajukan Cerai, Ribuan Wanita di Blitar Siap Menjanda

Ajukan Cerai, Ribuan Wanita di Blitar Siap Menjanda

BERBAGI
Muhammad fadli (Foto: Ana Alana)

AGTVnews.com – Ribuan wanita di Blitar bakal menyandang status janda, pasalnya sejak bulan Januari hingga Juli 2018 tercatat ada 1.841 pengajuan perceraian dari wilayah Kabupaten dan Kota Blitar ke Pengadilan Agama Blitar.

Humas Pengadilan Agama Blitar, Muhammad Fadli menjelaskan, dari pengajuan cerai yang masuk, sebagian besar adalah cerai gugat. Cerai gugat merupakan pengajuan cerai yang dilakukan pihak istri.

“Dari 1.841 pengajuan yang masuk, sebanyak 1.129 merupakan pengajuan cerai gugat. Sedangkan 712 sisanya merupakan pengajuan cerai talak oleh pihak suami,” jelas humas Muhammad Fadli, Rabu (1/8/2018).

| Baca Juga:  Selama Pandemi Corona Jumlah Janda Baru di Jombang Nyaris 1000 Orang

Menurut Fadli, kasus cerai di Blitar disebabkan berbagai faktor. Jika dilihat dari pihak istri, perceraian lebih disebabkan karena faktor ekonomi. Sedangkan jika dilihat dari sisi suami, banyak yang mengajukan cerai dengan alasan sudah tidak ada kecocokan.

Kasus cerai gugat, lanjut fadli, banyak diantaranya berprofesi sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW). Alasannya terjadi kesenjangan ekonomi. Dengan kondisi ini pihak istri memutuskan untuk bercerai dengan meminta bantuan pengacara.

“Alasan pasutri ini memilih bercerai macam-macam, mulai faktor ekonomi hingga faktor ketidak cocokan yang membuat ada pihak ketiga sehingga menyulut perceraian,” imbuhnya.

| Baca Juga:  Kasus Perceraian Tinggi, MUI: Pikir-Pikir Kalau Mau Jadi TKW

Muhammad Fadli menambahkan, saat ini proses pengajuan cerai tersebut sudah ada yang terselesaikan serta juga ada yang masih dalam proses persidangan.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma