Beranda Pemerintahan Eks PKL Mastrip Ancam Bangun Lapak, DPRD Minta Pemkot Segera Merespon

Eks PKL Mastrip Ancam Bangun Lapak, DPRD Minta Pemkot Segera Merespon

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar, mendesak Pemerintah Kota Blitar segera merespon ancaman eks Pedagang Kaki Lima (PKL) Mastrip. Para eks PKL ini akan kembali mendirikan lapak di sepanjang Jalan Mastrip yang terdampak penggusuran.

Anggota DPRD Kota Blitar, Agus Zunaidi mengatakan Pemerintah Kota Blitar harus segera mengambil tindakan, dengan adanya ancaman ini. “Pemkot harus segera mengambil langkah dan solusi terbaik agar masalah ini tidak berlarut-larut. Hal ini menjadi tamparan bagi Pemkot Blitar,” ungkap Agus, Senin (20/8/2018).

Menurut Agus, tindakan yang dilakukan eks PKL Mastrip tidak bisa disalahkan. Mengingat berdasarkan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) eks PKL Mastrip memenangkan gugatan atas penggusuran yang dilakukan Pemkot Blitar.

| Baca Juga:  Belum Direlokasi Pedagang Pasar Ngunut Jualan di Trotoar

Hakim PTUN menganggap surat keputusan (SK) penggusuran yang dikeluarkan Pemkot Blitar cacat hukum. Putusan hakim PTUN itu juga dikuatkan putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) di tingkat banding yang diajukan Pemkot Blitar terhadap putusan hakim PTUN yang memenangkan gugatan pedagang.

“Yang dilakukan para eks PKL Mastrip itu tidak bisa serta-merta disalahkan. Karena bagaimanapun juga mereka memenangkan gugatan,” tegasnya.

Para Eks PKL Jalan Mastrip Kota Blitar ini berencana membuat tempat jualan lagi di sepanjang Jalan Mastrip Kota Blitar kaarena kecewa setelah tempat relokasi bagi pedagang tidak segera direalisasikan.

Saat ditemui beberapa waktu lalu, Koordinator Paguyuban Eks PKL Mastrip, Adi Santoso mengatakan, para pedagang akan membangun tempat berjualan di lokasi jalan Mastrip. Hal ini sebagai bentuk rasa kekecewaan para pedagang Eks Jalan Mastrip.

| Baca Juga:  Unggah Video Marahi Kepala Dinas, Ini Penjelasan DPRD Kota Blitar

Sebelumnya para pedagang sudah bertemu dengan Wakil Walikota Blitar untuk membahas tempat relokasi. Dalam pertemuan itu rencananya tempat relokasi adalah di Jalan Kalimantan. Tepatnya di dekat lapangan SMA Negeri 1 Kota Blitar.

“Dalam pertemuan itu Wawali mengatakan rencananya tempat relokasi di lapangan SMA Negeri 1 Kota Blitar. Tapi nyatanya sampai sekarang janji itu belum juga ditepati,” ungkap Adi Santoso.

Dari pantauan reporter AGTVnews.comt, saat ini lapangan SMA 1 Kota Blitar terlihat adanya pembangunan pagar.  Apakah ini terkait sebagai tempat relokasi atau untuk penggunaan lainnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma