Beranda Peristiwa Gempa Malang Terasa Hingga Blitar, Masyarakat Berhamburan Keluar Rumah

Gempa Malang Terasa Hingga Blitar, Masyarakat Berhamburan Keluar Rumah

BERBAGI
blitar hari ini
Pantai selatan Jawa merupakan daerah yang memiliki tingkat kerawanan gempa yang tinggi. (foto: bmkg.go.id)

AGTVnews.com – Gempa 5,2 Skala Richter, yang berpusat di 68 km barat daya Kabupaten Malang, terasa hingga Blitar. Sejumlah masyarakat berhamburan keluar rumah saat gempa terjadi sekitar pukul 13.09 WIB, Rabu (8/8/2018). Getaran gempa dirasakan cukup keras, dan dirasakan kurang lebih selama 30 detik.

“Tadi sedang makan di warung lalu gelas sama kaca jendela bergetar orang-orang teriak lindu-lindu (gempa), tanpa pikir panjang saya langsung keluar bangunan, takut gempa menyebabkan kerusakan,” ungkap Enggar, warga Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, Rabu (8/8/2018).

| Baca Juga:  Pengungsi Gempa Lombok Keluhkan Minimnya Perhatian Pemerintah

Sementara kepala Badan Penanggulangan Benacana Daerag (BPBD) Kabupaten Blitar Heru Irawan saat dikonfirmasi mengatakan, data BMKG gempa berkekuatan 5,2 SR. Pusat gempa 8.80LS,112.46 BT, 68 km Baratdaya Kabupaten Malang, dengan kedalaman 13 km. Gempa ini juga dirasakan hingga Tretes, Tulungagung, Malang, Lumajang, Yogyakarta dan Kuta.

“Untuk sementara tidak ada peringatan tsunami. Kami juga belum menerima laporan adanya kerusakan di Kabupaten Blitar. Namun kami meminta masyarakat tetap waspada dengan bencana yang mungkin terjadi sewaktu-waktu,” tegas Heru Irawan.

| Baca Juga:  Aktifitas Gempa Meningkat, BPBD Tulungagung Amati Kondisi Pantai

Data terbaru dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa dirasakan di Blitar dengan intensitas III MMI (Modified Mercalli Intensity), Sedangkan di Tretes, Tulungagung, Lumajang, Yogyakarta dan Kuta Bali dengan II MMI.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Yusuf Saputro