Beranda Pemerintahan Minim Kesadaran Jadi Kambing Hitam Kotornya Sungai di Kota Blitar

Minim Kesadaran Jadi Kambing Hitam Kotornya Sungai di Kota Blitar

BERBAGI
blitar hari ini

AGTVnews.com – Banyaknya sampah di sejumlah aliran sungai Kota Blitar, disebut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar karena minimnya kesadaran masyarakat. Kepala DLH Kota Blitar, Pande Ketut Suryadi mengatakan, problem sampah di Kota Blitar adalah masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat. Pernyataan ini disampaikan Panade, setelah adanya temuan dari Komisi III DPRD Kota Blitar.

“Masyarakat masih belum banyak yang sadar Untuk membuang sampah di tempatnya. Hal itu diperparah dengan minimnya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di masing-masing kelurahan. Apalagi saat ini sedang musim kemarau, sehingga aliran air tidak cukup kuat untuk mendorong sampah agar tidak menyumbat aliran sungai,” jelas Pande, Jumat (3/8/2018).

Menurut Pande, dinasnya rutin membersihkan sungai setiap 3 bulan sekali. “Sungai-sungai itu rutin kami bersihkan tiap tiga bulan sekali. Namun memang masih ada saja sungai yang dipenuhi tumpukan sampah. Bahkan kami pasang pengumuman besar agar masyarakat tidak buang sampah di aliran sungai,” ujarnya.

| Baca Juga:  Lahan Budidaya Ikan Hias Tercemar Limbah Pabrik Minuman

Pande menambahkan, saat ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar hal serupa tak lagi terjadi. Salah satunya adalah memperbanyak TPS di masing-masing kelurahan. Idealnya, tiap kelurahan memiliki dua sampai tiga TPS. Tapi, saat ini rata-rata tiap kelurahan masih memiliki satu TPS.

“Minimal satu kelurahan punya dua TPS. Jika ada 21 Kelurahan kita butuh sebanyak 42 TPS. Namun saat ini di Kota Blitar baru ada 28 TPS. Untuk itu saat ini kami tengah mengupayakan penambahan TPS. Harapannya warga bisa memanfaatkan TPS itu dan tidak membuang sampah sembarangan termasuk ke sungai,” tegasnya.

DLH saat ini sedang mengusulkan pembuatan Perwali untuk mengatur pengelolaan sampah di Kota Blitar. Termasuk mengatur sanksi bagi masyarakat yang kedapatan berkali-kali membuang sampah di sembarang tempat. “Setelah perwali jadi, kami pastikan warga yang kedapatan buang sampah sembarangan akan kena sanksi,” tandas Pande.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here