Beranda Peristiwa Mural Tokoh Pahlawan Ini Jadi Swafoto Dadakan

Mural Tokoh Pahlawan Ini Jadi Swafoto Dadakan

BERBAGI

AGTVnews.com – Beragam cara dilakukan masyarakat untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di Bulan Agustus. Seperti yang dilakukan warga RT 06 RW 01 Desa Majan Kecamatan Kedungwaru Tulungagung.

Mereka memilih menghias dinding kosong di gang masuk lingkungan mereka dengan gambar mural wajah pahlawan Indonesia. Alhasil, mural pahlawan ini justru menjadi tempat swafoto dadakan sejumlah warga.

Ketua RT setempat sekaligus penggagas ide mural ini, Joni Subandi mengatakan lukisan mural wajah para pahlawan ini menggambarkan antusiasme masyarakat menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Masyarakat secara swadaya mengumpulkan uang untuk membeli cat, kuas hingga bersama-sama menyelesaikan sketsa mural di dinding tersebut hingga malam hari.

“Ini dilakukan spontan oleh masyarakat secara swadaya. Bahkan pengerjaanya ada yang rela sampai lembur,” jelas Joni, Kamis (9/8/2018).

Menurut Joni, pemilihan gambar pahlawan sebagai tema pada mural tersebut, sebagai salah satu sarana untuk mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan masyarakat pada bangsa Indonesia.

| Baca Juga:  Memperingati Bulan Kemerdekaan PT KAI Berikan Diskon Khusus

“Ya sekaligus mengenalkan pahlawan kepada generasi penerus. Agar mereka memiliki rasa cinta pada tanah air,” tandas Joni.

Joni menambahkan, tidak hanya gambar pahlawan saja yang dilukis. Pada atas dinding di dekat pintu gerbang, warga sekitar juga membuat miniatur peta yang menggambarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Sejumlah pahlawan yang terpampang pada mural ini diantaranya, Proklamator Sukarno–Hatta, Bung Tomo, Jendral Sudirman, Tuanku Imam Bonjol, Teuku Umar, Pangeran Diponegoro, RA Kartini, Hasanudin dan Patimura.

Sejumlah warga menjadikan mural ini sebagai latar belakang swafoto dan menguploadnya di media sosial. Mereka tidak hanya dari desa Majan saja, namun sejumlah warga lain sengaja datang untuk berfoto.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here