Beranda Pemerintahan Walikota Kediri Resmikan Kuis Kihajar Tingkat Jawa Timur

Walikota Kediri Resmikan Kuis Kihajar Tingkat Jawa Timur

BERBAGI

AGTVnews.com – Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar membuka acara peresmian Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) Tingkat Jawa Timur tahun 2018 di Aula Dinas Pendidikan Kota Kediri, Rabu (15/8/2018). Kuis Kihajar merupakan ajang kompetisi peserta didik jenjang SD, SMP dan SMA melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Dalam sambutannya, Mas Abu, sapaan akrab walikota menghimbau kepada seluruh siswa yang ada di kota Kediri untuk lebih giat dalam belajar, competitiveness, karena anak-anak jaman sekarang sangat peka terhadap informasi yang sedang beredar.

“Kuis Kihajar ini bagus untuk meningkatkan competitiveness bagi siswa-siswi yang duduk dibangku SD, SMP, SMA sederajat. Tentunya saya terus mendorong dan menjadi semangat baru untuk pemangku kebijakan pendidikan Kota Kediri, khususnya agar kita terus berinovasi membuat anak-anak rajin dan gemar belajar,” ujar Walikota.

| Baca Juga:  Pemkot Kediri Siapkan Desain Taman Semampir

Mas Abu juga berpesan agar para siswa-siswi belajar apapun. Tidak hanya mata pelajaran yang ada disekolah. Hal tersebut bertujuan agar siswa tidak ketinggalan informasi yang sedang beredar.
“Adik-adik juga tidak boleh menyerah, bila gagal tetap terus bangkit dan terus berjuang menggapai cita-cita. Semoga adik-adik yang mengikuti kuis ini menjadi anak hebat Indonesia dan bisa membawa nama baik Indonesia,” ujarnya.

Tidak hanya berpesan kepada para siswa yang mengikuti kuis, namun walikota juga meminta kalangan pemerintah agar menyiapkan kebutuhan teknologi yang diperuntukkan bagi para siswa.

“Kita sebagai pemerintah harus mempersiapkan anak-anak ini agar tahu informasi, tidak hanya dari mata pelajarannya yang di sekolah. Tapi mereka harus bisa menerima informasi semuanya. Kita harus cleansing informasi yang buruk agar semua informasi yang masuk hanya informasi yang bagus saja, karena sekarang ini anak-anak belajarnya tidak hanya lewat buku, tapi melalui hp, laptop, internet dan teknologi informasi lainnya. Tentu kita harus menjadi pendamping yang baik dan mereka harus belajar dengan bijak,” tuturnya.

| Baca Juga:  Dihadapan Dunia Perbankan, Walikota Kediri Sampaikan Program Pemulihan Ekonomi

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Pustekkom Kemendikbud Gogot Suharwoto menjelaskan bahwa kuis Kihajar ini untuk mempersiapkan anak-anak agar bisa berpikir kritis (kritikal thinking) dan dapat menyelesaikan masalah (problem solving) agar ketika dewasa sudah siap menghadapi tantangan.

Kuis Kihajar Provinsi Jawa Timur ini diikuti oleh 261 siswa yang terbagi 87 siswa jenjang SD/MI, 87 siswa jenjang SMP/MTs, dan 87 siswa jenjang SMA/MA/SMK. Pada hari pertama, para peserta mengerjakan soal secara online kemudian dipilih 3 nilai terbaik pada masing-masing jenjang untuk maju ke tahap berikutnya.(*)

Advetorial Humas Pemkot Kediri