Beranda Tips Trik 5 Bahan di Dapur untuk Kulit Cantik dan Awet Muda

5 Bahan di Dapur untuk Kulit Cantik dan Awet Muda

BERBAGI

AGTVnews.com – Memiliki kulit bersih dan cantik, menjadi dambaan setiap wanita. Meskipun tidak terlihat putih, namun tampil glowing dan bercahaya, menjadi keinginan mereka. Tak jarang mereka memakai berbagai produk kecantikan yang dipercaya bisa membuat mereka tampil maksimal. Bahkan mereka rela menghabiskan biaya banyak demi keinginan ini.

Namun tahukan anda, ternyata beberapa bahan yang sering tergeletak di dapur kita, bisa memberikan manfaat yang sama bagi kecantikan: kulit putih, halus dan kinclong.

Bahan dapur apa saja yang bisa kita gunakan? Redaksi AGTVnews.com merangkumnya untuk anda:

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis atau dalam istilah masyarakat jawa sering disebut dengan jeruk pecel, ternyata kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Kandungan buah ini akan membantu kulit terhindar dari jerawat. Tidak hanya itu, bagi anda yang rajin menggunakan masker jeruk nipis, wajah akan terlihat cerah dan mengatasi minyak berlebih serta mengangkat sel kulit mati.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah ini, tidak hanya memutihkan wajah namun juga mampu menangkal radikal bebas.

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis ini mudah saja, yaitu:

Belah jeruk menjadi dua bagian, oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit sampai mengering. Bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Lakukan cara ini secara teratur 2-3 kali seminggu.

Meski merupakan bahan alami, namun bagi anda yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati menggunakannya, karena bisa menimbulkan iritasi kulit.

2. Tomat

Tomat, salah satu buah yang seringkali digunakan juga untuk pelengkap masakan. Pasti keberadaannya di dapur tidak pernah kosong. Ternyata Senyawa anti-oksidan tomat yaitu lycopine terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya tomat untuk masker wajah sangat gampang, yakni:

Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah kering bilas dengan air bersih. Dengan melakukan rutin 2-3 seminggu, maka kulit kusam akan hilang dan wajah anda akan terlihat lebih putih dan cerah.

3. Mentimun

Sayuran atau buah ini, seringkali dijadikan bahan lalapan ataupun bisa digunakan sebagai jus. Selain murah, mentimun dengan gampang diperoleh di tukang sayur langganan anda. Tahukan anda ternyata mentimun kaya akan mineral dan vitamin. Mineral dan vitamin ini penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkar hitam pada mata.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan menggunakan mentimun sangat gampang, yakni:

Mentimun diiris tipis-tipis, ditempelkan pada seluruh wajah, dan didiamkan selama 30 menit. setelah itu basuh wajah dengan air bersih. Jangan kaget, jika wajah anda akan terasa kenyal dan segar.

4. Kopi dan Gula

Siapa yang gak kenal dengan kopi dan gula. Ibarat kata pahit kopi semanis gula berpadu dalam kenikmatan hangat cangkir kopi. Ternyata kedua bahan ini bisa digunakan sebagai scrub wajah. Dengan menggunakan scrub ini sel-sel kulit mati di wajah bisa terangkat sempurna.

Cara membuat scrub dari gula dan kopi sangat gampang, yakni :

Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula, tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Setelah itu gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

5. Air rendaman beras

Air rendaman beras, atau sering disebut air leri ternyata bisa bermanfaat untuk kecantikan lho. Sebelum menanak nasi, pastilah beras tersebut dicuci terlebih dahulu. Anda jangan terburu-buru untuk membuang airnya. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan memutihkannya. Cara alami memutihkan wajah menggunakan bahan ini sangat mudah:

Biarkan air beras agar mengendap, setelah itu, endapan air beras ini bisa digunakan sebagai masker wajah alami. Biarkan selama 20 menit hingga mengering, dan bilas dengan air bersih. tara… wajah akan terasa kinclong.

Itu tadi beberapa bahan dapur yang bisa untuk membuat wajah cantik, putih dan berseri. Tidak ada salahnya anda coba. Namun karena ini merupakan bahan alami, jadi butuh waktu untuk hasil nyata. Selamat mencoba.(*)

Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here