Beranda Pemerintahan Adakan Pelatihan Inovasi Hasil Panen, Pemkab Kediri Beri Nilai Tambah Ekonomi Petani

Adakan Pelatihan Inovasi Hasil Panen, Pemkab Kediri Beri Nilai Tambah Ekonomi Petani

BERBAGI

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) mengadakan pelatihan pengembangan olahan berbahan baku nanas, di Pendopo Kantor Kecamatan Ngancar, Kamis (13/9/2018).

Menurut Kepala Balitbangda Kabupaten Kediri, Eko Setyono, kegiatan ini sebagai upaya untuk kegiatan sistem inovasi daerah. kegiatan inovasi daerah ini dengan memanfaatkan potensi yang ada di Kecamatan Ngancar berupa buah nanas.

“Bila masa panen, buah nanas ini harganya jatuh. Agar tidak merugikan petani, kami memfasilitasi adanya pelatihan olahan berbahan baku nanas. Harapannya bisa melatih mereka agar memberikan nilai tambah dalam bentuk produk olahan,” ujar Eko.

| Baca Juga:  Antisipasi Bencana, Pemkab Kediri Tanam Ratusan Pohon di Lereng Kelud

Ditambahkan Eko, bentuk pelatihan yang diberikan kali ini adalah membuat es krim dari bahan baku nanas. Nantinya, diharapkan para petani bisa membuat sendiri olahan es krim nanas untuk dijual di area wisata Gunung Kelud.

“Peserta yang diundang adalah para pelaku UKM dan Kelompok Wanita Tani (KWT). Selain diberikan pelatihan juga kami berikan alat lemari es, kompor, gelas ukur, blender, dan cup sealer untuk mendorong mereka mewujudkan produk olahan es krim nanas ini,” ucapnya.

Sementara itu, di tempat laii, Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno, meminta masyarakat Kediri untuk bisa memberikan nilai tambah pada produk potensi daerah masing-masing.

| Baca Juga:  Pemkab Kediri Bekerjasama Dengan Kedubes Inggris Beri Pelatihan Ratusan Guru Inggris Lokal

“Misalnya Ngancar dengan nanasnya, Kandangan dengan durian, Ngasem dengan labu madu dan lain-lain. Sehingga nantinya dapat menambah daya tarik dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat,”pungkas Bupati.(*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri