Beranda Peristiwa Amankan Malam Pengesahan Warga PSHT, TNI dan Polri Siapkan Ribuan Personil

Amankan Malam Pengesahan Warga PSHT, TNI dan Polri Siapkan Ribuan Personil

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Mengantisipasi adanya berbagai kemungkinan gangguan kamtibmas, saat pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT), TNI dan Polri menurunkan ribuan personil untuk pengamanan.

Upaya pengamanan tersebut dilakukan karena kegiatan tersebut rutin mengumpulkan ribuan peserta dan simpatisan PSHT. Rencananya malam pengesahan akan diadakan di lapangan SMA Negeri 1 Kauman pada Sabtu mendatang (22/9/2018).

Kabagops Polres Tulungagung, Kompol Khoiril yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan TNI untuk mengamankan agenda tahunan tersebut.

Dari pihak kepolisian disiagakan 939 anggota polres Tulungagung, kemudian 150 personil dari Polres samping, 500 anggota Pamter internal PSHT serta backup dari TNI sebanyak 100 personil anggota Kodim 0807 Tulungagung.

“Anggota yang kita siagakan terdiri dari Polres Tulungagung dan backup dari polres samping serta dari TNI Kodim 0807 Tulungagung. Jumlahnya sekitar 1600an, mengingat peserta pengesahan juga cukup banyak mencapai lebih dari 1200 pendekar,” ujarnya, Jumat (14/9/2018).

Khoiril menambahkan, sampai saat ini anggota yang disiagakan mencapai 1.689 personil namun bukan tidak mungkin jumlahnya akan bertambah menjadi 2.055 personil.

| Baca Juga:  Aksi Pengrusakan Oknum PSHT, Forkompimda Gelar Rapat Terbatas

Penambahan ini dilakukan jika dibutuhkan. Mereka akan ditugaskan sesuai dengan masing-masing fungsinya, baik di sekitar lokasi pengesahan maupun di lokasi lokasi yang rawan terjadinya gangguan kamtibmas.

“Nanti anggota akan kita sebar, di ring 1 sekitar lapangan Kauman dan di lokasi per kecamatan tempat pemberangkatan,” lanjutnya.

Dari pengamanan sebelumnya, selain mengamankan pelaksanaan sah-sahan, Khoiril mengaku rombongan penggembira juga perlu mendapatkan pengawalan mulai dari masing-masing kecamatan hingga menuju ke lokasi pengesahan. Begitu pula saat rombongan pulang usai acara digelar.

“Untuk penggembira juga akan kita kawal, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Sementara itu, untuk meminimalkan potensi terjadinya gangguan kamtibmas selama proses pengesahan, pihaknya juga telah meminta panitia untuk melarang anggotanya melakukan konvoi. Jika ditemukan konvoi maka pihaknya akan melakukan upaya pencegahan dengan memecah dan membubarkan konvoi.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here