Beranda Hukum Kriminal Butuh Uang, Menantu Ini Curi Bilyet Giro Mertuanya

Butuh Uang, Menantu Ini Curi Bilyet Giro Mertuanya

BERBAGI
Tersangka pencuri bliyet biro. (Foto: Firmanto Imansyah)

Tulungagung, AGTVnews.com – Mengaku kepepet, seorang menantu, tega mencuri Bilyet Giro milik mertuanya sendiri. Danang Adi Laksono (29 tahun) warga Nganjuk diamankan satreskrim Polres Tulungagung, setelah terbukti mencuri bilyet giro milik Heri Susanto (61 tahun) warga Desa Batangsaren Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung.

Kasubbag Humas Polres Tulungagung, Iptu Sumaji mengatakan, pencurian ini diketahui oleh korban setelah mendapat telpon dari salah satu bank yang meminta konfirmasi untuk pencairan cek miliknya. Padahal korban tidak melakukan pencairan cek tersebut.

Korban akhirnya memeriksa lokasi penyimpanan cek dan giro miliknya. Rupanya 5 buah cek dan giro miliknya sudah hilang. Mengetahui kejadian ini akhirnya korban melaporkan hal ini kepada pihak kepolisian. Tidak hanya hilang, salah satu giro milik korban senilai Rp 48 juta telah dicairkan di salah satu bank di Wilayah Surabaya.

| Baca Juga:  Polres Tulungagung Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Pil Dobel L

“Jadi korban ini pada tanggal 13 Agustus ditelpon pihak bank untuk konfirmasi pencairan. Namun karena merasa tidak mencairkan ya dijawab tidak. Kemudian selang berapa hari korban curiga dan memeriksa laci penyimpanan cek dan giro ternyata telah hilang,” ujar Iptu Sumaji, Rabu (12/9/2018).

Sumaji mengatakan, usai mendapatkan laporan tersebut pihaknya langsung melakukan olah TKP, namun petunjuk yang diperoleh sangat minim sekali. Titik terang terungkap setelah pihak kepolisian mendapat informasi dari pihak bank yang mencairkan giro tersebut.

“Memang ada beberapa nama yang dicurigai tapi buktinya minim. Akhirnya informasi dari bank tempat pencairan terus kita dalami hingga mengarah pada otak tindak kejahatan ini,” lanjutnya.

Sumaji menjelaskan, pihaknya kemudian menangkap pelaku pencairan giro berinisial SR. Namun dari pengakuan SR, dirinya hanya disuruh oleh tersangka untuk melakukan pencairan saja dan selebihnya dirinya tidak tahu asal giro tersebut.

| Baca Juga:  Polisi dan Petugas Bank Hitung Jumlah Uang Mainan yang Disetor Nasabah

Kemudian penyelidikan dilanjutkan dengan menelusuri keterangan SR, hingga akhirnya terungkap bahwa otak pelaku pencurian dan pencairan giro tersebut adalah Danang, menantu korban.

“Awalnya tersangka mengelak, namun bukti yang ditemukan di rumahnya, berupa bilyet, bukti transfer dan sisa hasil kejahatannya. Hal ini membuat tersangka tidak berkutik,” jelasnya.

Sumaji menegaskan, dengan barang bukti yang ditemukan tersebut akhirnya bapak dua anak itu mengakui semua perbuatannya.

Dihadapan penyidik, tersangka mengaku usai mencuri giro tersebut dirinya meminta bantuan 2 orang untuk melakukan pencairan, kemudian memalsukan tanda tangan korban dan stempel toko milik korban.

“Uangnya sudah dihabiskan untuk membayar hutang-hutang tersangka selama ini,” ucap Sumaji.

Tersangka terancam dijerat dengan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma