Beranda Peristiwa GTT Gelar Aksi Mogok, Ini Imbasnya

GTT Gelar Aksi Mogok, Ini Imbasnya

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Aksi mogok yang dilakukan ratusan Guru Tidak Tetap (GTT) di depan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kauman berimbas kepada proses belajar mengajar puluhan SD yang ada dikecamatan setempat, Kamis (20/9/2018).

Dari pantauan tim liputan, salah satu SD Negeri yang terimbas dengan aksi ini adalah SD Negeri 02 Karanganom Kecamatan Kauman. Dua guru berstatus PNS yang tidak ikut aksi ini harus mengisi 6 kelas yang ditinggalkan oleh GTT yang turut dalam aksi tersebut.

Hasilnya untuk kelas 1,2 dan 3 diisi oleh guru kelas 2, sedangkan kelas 4,5 dan 6 diisi oleh guru olahraga. “Ya tetap berjalan, tapi seperti ini, 3 kelas diajar 1 guru, saya guru kelas 2 dan satu lagi guru olahraga, mengisi kelas 4,5 dan 6,” Ujar guru kelas 2, Dwi Murtiningsih.

| Baca Juga:  Umat Tionghoa TITD Tulungagung Rayakan Bulan Hantu

Dwi mengatakan, kendati ditinggal melakukan aksi mogok oleh GTT, namun pendidikan belajar mengajar harus tetap berjalan. Meskipun kondisinya tidak kondusif karena 1 guru mengajar di 3 kelas.

“Ya ndak kondusif. Tadi yang kelas satu saya kasih tugas terus tak tinggal. Kelas kelas 2 gitu juga, terus yang kelas 3,” lanjutnya.

Dewi mengakui keberadaan GTT di sekolah sangat penting dan krusial. Contohnya begitu GTT melakukan aksi mogok, kegiatan belajar mengajar langsung lumpuh dan terganggu.

Namun dengan kondisi GTT yang tidak mendapatkan gaji setiap bulannya dan hanya mengandalkan pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), maka pihaknya juga memaklumi jika para GTT ini memilih melakukan aksi mogok agar suaranya didengarkan.

| Baca Juga:  800an Pelamar CPNS Tidak Lolos Verifikasi

“Mereka itu sangat penting bagi kami, makanya kami menyadari dan memaklumi jika rekan rekan GTT menyuarakan isi dan tuntutannya,”ucap Dwi.

Dwi hanya bisa berharap segera ada solusi, agar masalah yang sama tidak terulang lagi, dan tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here