Beranda Pemerintahan Hanya Ada Lima Honorer K2 Tulungagung Yang Masuk Jalur Khusus CASN

Hanya Ada Lima Honorer K2 Tulungagung Yang Masuk Jalur Khusus CASN

BERBAGI

AGTVnews.com – Pemerintah telah mengumumkan secara resmi pendaftaran penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Pendaftaran secara online mulai dibuka pada tanggal 19 September.

Sesuai dengan petunjuk teknis yang telah diterbitkan, dalam penerimaan CASN tahun 2018 ini ada dua formasi penerimaan, yakni melalui formasi umum dan formasi khusus.

Formasi Khusus yakni jalur penerimaan bagi warga negera yang masuk kategori penyandang disabilitas atau mengalami keterbatasan secara fisik, kemudian lulusan terbaik (Cumlaude), putra terbaik Papua dan Papua Barat, Diaspora dan olahragawan berprestasi serta Tenaga Pendidikan dan tenaga kependidikan dari eks tenaga honorer Kategori II.

Menurut Kabid Pengadaan dan Pembinaan BKD Tulungagung, Catur Hermono berdasarkan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang diterimanya, tenaga honorer yang masuk dalam kategori formasi Khusus hanya honorer K2.

| Baca Juga:  Tingkat Kelulusan CPNS Minim, Ratusan Formasi Masih Kosong

“Jadi honorer yang dimaksud ini, hanya untuk honorer kategori 2 saja. Mereka ini sudah terdata dalam data kepegawaian pusat,” ujar Catur, Kamis (20/9/2018).

Berdasarkan data yang ada, jumlah honorer K2 di Tulungagung untuk profesi guru sebanyak 52 orang. Namun sayangnya dari jumlah tersebut tidak semuanya bisa mendaftarkan dirinya dalam penerimaan Calon ASN tahun ini.

Mereka terkendala adanya petunjuk teknis yang telah dikeluarkan oleh BKN, hanya Tenaga Honorer K2 yang berusia maksimal 35 tahun saja yang bisa mengikuti penerimaan Calon ASN tahun ini.

| Baca Juga:  Banyak Peserta Tidak Lolos, Ratusan Formasi CPNS di Kabupaten Blitar Terancam Kosong

“Jadi tetap harus sesuai aturan, usia maksimalnya 35 tahun. Aturannya memang seperti itu,” lanjutnya.

Catur menjelaskan, jika berkaca pada peraturan tersebut maka hanya ada sekitar 5 orang tenaga honorer K2 saja yang bisa berkompetisi memperebutkan jatah formasi 3 Calon ASN tahun 2018 ini.

“Kalau ndak salah hanya sekitar 5 orang saja yang bisa memenuhi syarat itu, yang lain kalau mau daftar tetap dipersilahkan,” tandasnya.

Pada tahun 2018 ini kabupaten Tulungagung mendapatkan jatah 546 CASN baru melalui formasi umum, sedangkan melalui formasi khusus Honorer K2 hanya mendapatkan jatah 3 orang.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here