Beranda Peristiwa Kebakaran Lahan Gunung Wilis Capai Lebih 131 Hektar

Kebakaran Lahan Gunung Wilis Capai Lebih 131 Hektar

BERBAGI
Deretan api di lereng Gunung Wilis terlihat dari Dusun Oro-oro Ombo Kecamatan Ngetos Nganjuk. (foto:fb/ulin nuha)

AGTVNews.com – Kebakaran lahan di lereng Gunung Wilis terus meluas. Titik api terus meluas hingga mengarah ke timur dan selatan masuk area Kabupaten Kediri, Rabu (12/9/2018).

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk, Agus Sulistiyono mengatakan, kebakaran hutan di area Gunung Wilis berasal dari area Gajah Mungkur, yang merembet di kawasan Salam Judeg, Bajulan, hingga ke Blongko Kecamatan Sawahan.

“Kebakaran diketahui sejak Sabtu kemarin. Titik apinya berasal dari area Gajah mungkur, lalu merembet di kawasan lain hingga ke Blongko Kecamatan Sawahan dan Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri,” kata Agus.

| Baca Juga:  OTT Bupati Nganjuk, KPK Terus Lakukan Pemeriksaan Termasuk Orang Dekat Bupati

Dari data pihanya, lanjut Agus, total area yang terbakar sudah mencapai lebih dari 131 hektar. Bahkan api saat ini mulai masuk ke areal hutan pinus milik Perhutani.

“Sampai hari ini sudah mencapai 131 hektar lahan hutan yang terbakar. Bahkan mulai tadi malam api terus membakar ilalang dan sebagian pohon pinus,” jelasnya,

Pihak BPBD Kabupaten Nganjuk dan Perhutani mengaku sangat kesulitan menjinakkan api karena lokasi kebakaran susah dijangkau. Untuk menuju lokasi dibutuhkan jalan kaki hingga 6 jam.

| Baca Juga:  Batik Tulis Corak Etnik Ngatas Angin Cocok Buat Lebaran

“Saat ini yang bisa kami lakukan membuat ilaran agar api tidak makin meluas ke kawasan lain. Kami juga berusaha memadamkan api namun dengan alat seadanya,” tutup Agus.(*)

Reporter: Yogi Heru Antono
Editor  : Yusuf Saputro