Beranda Pemerintahan Narapidana Lapas Kediri Wajib Hafalan Alquran

Narapidana Lapas Kediri Wajib Hafalan Alquran

BERBAGI
Suasana pengajian di Masjid At Taubat Lapas Kelas 2A Kediri. (foto: m ubaidhillah)

AGTVnews.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2A Kediri memberikan program khusus kepada ratusan narapidana yang beragama Islam yakni hafalan Alquran.

Program tersebut dinilai penting dilakukan, sebab bagi yang beragama Islam hal itu sebagai proses membentuk karakter yang religius.

“Ini sangatlah penting terutama saat ada program asimilasi, mereka harus sudah bisa membaca Alquran,” jelas Kepala Lapas Kelas 2A Kediri, Kusmanto Eko Putro, saat memimpin perayaan tahun baru Islam, Senin (10/9/2018).

Dalam pelaksanaanya, lanjut Kusmanto, pihak Lapas menggandeng Pondok Pesantren Lirboyo untuk berupaya memaksimalkan penyerapan ilmu Alquran.

| Baca Juga:  Detik-Detik Insiden Suporter Liga Santri Tewas

“Alhamdulillah disini kita sudah ada pesantren khusus Attaubah yang tentunya pelaksanaan pendalaman kajian Islam itu lebih banyak waktu dilakukan para napi,” ujarnya.

Masih kata Kalapas, Pesantren Attaubah sudah bisa mencetak 3 napi yang hafal 30 juz Alquran. Ketiga napi tersebut kini telah selesai menjalani masa hukuman.

“Saat ini target minimal hafalan surat pendek. Tetapi ada beberapa napi yang sudah hafal beberapa juz,” tuturnya.

Lebih lanjut Dia berharap nantinya para narapidana bisa bebas dari buta Alquran dan kembali ke masyarakat dengan perilaku yang lebih baik.(*)

Reporter: M Ubaidhillah
Editor  : Yusuf Saputro