Beranda Wisata Hiburan Rebutan Uang Receh Jadi Tradisi Suro di Kediri

Rebutan Uang Receh Jadi Tradisi Suro di Kediri

BERBAGI
Kesenian reog Ponorogo menjadi salah satu atraksi yang paling ditunggu dalam Grebek Suro di Kota Kediri. (foto: Wiji Guntoro)

AGTVnews.com – Memperingati tahun baru penanggalan Jawa, ratusan warga berebut gunungan sayur, jajan pasar dan uang receh pada acara Grebeg Suro Komunitas Garuda Mukha Kota Kediri, Selasa (11/9/2018).

Tak hanya itu dalam acara tersebut juga diadakan kirab pusaka yang dihadiri dari berbagai wilayah di Indonesia. Acara rutin tiap tahun ini menarik ratusan animo masyarakat di Kota Kediri yang di mulai dari Jalan Airlangga Kota Kediri.

Gunungan yang disediakan tersebut berisi sayur mayur, gunungan jajan pasar, gunungan buah-buahan, gunungan ketupat serta gunungan nasi ketan.

| Baca Juga:  Satpol PP Serahkan Lima Anjal Pada Keluarganya

Sedangkan kirab pusaka, selain membawa keris juga senjata tombak panjang. Peserta kirab juga dimeriahkan barisan kesenian tradisional seperti pecut, jaranan, reog dan dongklek asal Madiun.

Pada kirab ini juga dibagikan uang sedekah berupa uang receh pecahan Rp 1.000 kepada masyarakat yang dilemparkan kepada masyarakat yang berkumpul.

Rudi salah satu warga mengaku mengikuti acara grebeg suro ini tiap tahun karena sudah tradisi. “Ya seneng ini kan tradisi tiap tahun. Serunya saat berebut uang,” jelasnya.

Masyarakat sebagian juga percaya dengan hasil berebut sayur dan lainnya membawa berkah bagi kehidupan setahun mendatang.(*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor  : Yusuf Saputro