Beranda Peristiwa Ribuan Peserta Ramaikan Tari Gemu Famire di Simpang Lima Gumul

Ribuan Peserta Ramaikan Tari Gemu Famire di Simpang Lima Gumul

BERBAGI

Kediri,AGTVnews.com – Memperingati HUT TNI ke-73, ribuan orang ikut meramaikan gelaran tari Gemu Famire di area bundaran Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri, Selasa (4/9/2018). Kegiatan ini diadakan oleh Korem 082/CPYJ Mojokerto. Sekitar 4000 peserta dengan gembira menarikan tarian yang dilaksanakan serentak se-Indonesia tersebut.

Menurut Komandan Korem 082/CPYJ Mojokerto, Kolonel ARM Budi Suwanto, kegiatan tari Gemufamire ini merupakan kegiatan yang diadakan serentak se-Indonesia, dan merupakan instruksi langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Acara ini dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia dan kurang lebih ada 300.000 pasukan TNI yang ikut serta dalam acara serupa. Di Jawa Timur total ada 23.000 pasukan yang mengikuti,” jelasnya, Selasa (4/9/2018).

| Baca Juga:  Ramai-ramai Makan Lele, Ribuan Muslimat di Kediri Pecahkan Rekor Muri

Ditambahkan Kolonel ARM Budi Suwanto, kegiatan tari massal ini sebagai sarana untuk mempererat solidaritas antara masyarakat, pemerintah dan aparat keamanan.

“Yang jelas, intinya kita dapat membangun semangat kebersamaan, di lingkungan masyarakat yang penuh dengan keberagaman. Ini merupakan salah satu media kemanunggalan TNI-Rakyat untuk bisa bersama-sama melalui tari Gemu Famire ini,” jelasnya

“Diharapkan kondisi ini bisa mencerminkan kebersamaan dan solidaritas antara masyarakat, pemerintah daerah, TNI, Polri, dan semuanya. Kebersamaan itu bisa kita wujudkan di lingkungan masyarakat kita,” lanjut Danrem.

| Baca Juga:  Penasaran, Pelajar di Kediri Tengok Langsung Gerhana Matahari Cincin

Kolonel ARM Budi Suwanto menjelaskan, SLG dipilih untuk melaksanakan kegiatan tersebut karena Kediri dinilai merupakan daerah yang benyak menyimpan sejarah.

“Ada nilai-nilai tersendiri dan tak kalah penting Kalau kita menyusun formasi bisa terlihat bagus,” katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah jajaran Forkopimda Kota dan Kabupaten Kediri, serta seluruh Kodim dibawah naungan Korem 082/CPYJ Mojokerto bersama masyarakat sekitar.(*)

Reporter: M Ubaidillah
Editor: Linda Kusuma