Beranda Hukum Kriminal Terlibat Korupsi, Dua ASN Pemkab Kediri Diamankan Kejaksaan

Terlibat Korupsi, Dua ASN Pemkab Kediri Diamankan Kejaksaan

BERBAGI
Kantor Kejaksaan Negeri Kediri. (Foto: M Ubaidillah)

AGTVnews.com – Diduga terlibat korupsi, dua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kediri dan satu orang rekanan kontraktor, diamankan Kejaksaan Negeri Kediri. Mereka diduga terlibat penyelewengan dana pembangunan Taman Hijau di Area Simpang Lima Gumul (SLG).

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri Arie Budie, saat ditemui tim liputan membenarkan adanya penangkapan itu. Menurutnya saat ini Kejaksaan Negeri Kediri sedang melakukan penyidikan.

“Saat ini kita sedang menangani penyidikan perkara kasus tindak pidana korupsi penyelewengan pembangunan Taman Hijau SLG pada Kantor Lingkungan Hidup (KLH). Penyelewengan ini dilakukan pada tahun anggaran 2016 lalu,” ujar Arie, Rabu (12/9/2018).

Dari pengamanan yang dilakukan, kejaksaan sudah menetapkan ketiganya sebagai tersangka.

“Ketiganya sudah ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini ditahan di tahanan kelas 2A Kediri. Adapun tiga orang tersebut antara lain DET yang yang bertugas di Dinas Perdagangan, HD bertugas di KLH dan JP sebagai rekanan,” jelasnya.

| Baca Juga:  Kebakaran Lereng Wilis Mulai Merembet ke Kediri

Arie menambahkan, sebelumnya telah dilakukan penyelidikan terhadap ketiganya pada awal 2018. Penyelidikan ini meningkat menjadi penyidikan pada Juli ini. “Setelah cukup bukti-bukti lalu kita tahan pada Senin kemarin (10/9/2018),” ucapnya.

Akibat penyelewengan yang dilakukan, diperkirakan negara mengalami kerugian hingga Rp 700 juta. “Kita belum berani memastikan karena masih dalam proses penyidikan akan tetapi dari hitungan kami ditaksir mencapai Rp 700 juta,” tuturnya.

Diketahui, Taman Hijau SLG ini terletak di sebelah selatan Taman Depo dan Taman Kepala Anggrek di kawasan wisata Simpang Lima Gumul. Taman ini diresmikan oleh Bupati Kediri pada Maret 2017 lalu.(*)

Reporter: M Ubaidillah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here