Beranda Peristiwa 100 Calon Rebutkan 31 Jabatan Kades di Pilkades Serentak Kabupaten Blitar

100 Calon Rebutkan 31 Jabatan Kades di Pilkades Serentak Kabupaten Blitar

BERBAGI
pelaksanaan pilkades serentak di salah satu desa.(foto:ist)

AGTVnews.com – 100 calon kepala desa mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kabupaten Blitar, Selasa (9/10/2018). Mereka memperebutkan posisi Kades di 31 desa yang tersebar di 17 kecamatan.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Blitar,Suhendro Winarso mengatakan, masing-masing desa minimal diikuti 2 calon kades. Namun ada beberapa desa yang memiliki hungga 5 calon kades.

“Sesuai dengan aturan, proses pemungutan suara dimulai pukul 07.00 – 13.00 WIB. Sedangkan proses penghitungan suara dimulai pukul 13.00,” jelas Suhendro.

Secara umum, pelaksanaan Pilkades serentak menurut Suhendro Winarso berjalan lancar. Termasuk di beberapa desa yang masuk kategori rawan.

| Baca Juga:  Pasien Positif Covid-19 Blitar Merupakan Keluarga Sekda Kabupaten Blitar

|video rekomendasi untuk anda:

 

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=M9pLBRo5scI?showinfo=0&w=480&h=270]

 

 

“Secara umum tidak ada kendala yang berarti. Tingkat partisipasi masyarakat juga cukup tinggi. Mereka cukup antusias datang ke tempat pemungutan suara untuk memilih pemimpin mereka,” tutur Suhendro Winarso.

Bupati Blitar Rijanto bersama forum pimpinan daerah (Forpimda) juga melakukan monitoring pelaksanaan Pilkdes serentak ini. Dari hasil monitoring bupati menyatakan apresiasinya kepada masyarakat yang ikut berperan aktif mensukseskan Pilkades serentak. Sehingga berjalan aman dan kondusif. Meski ada beberapa desa yang masuk kategori rawan konflik.

| Baca Juga:  5 Orang Positif Corona di Kabupaten Blitar Berasal Dari Klaster Haji

“Saya sudah melakukan monitoring bersama Forpimda. Dari pengamatan di lapangan pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan kondusif. Hal ini tentu saja tidak akan terwujud tanpa dukungan dari masyarakat,” ungkap Rijanto.

Untuk mengamankan Pilkades serentak ini ratusan personel TNI dan Polri diterjunkan Sedikitnya 483 personel disiagakan di 23 desa. Personel TNI dan Polri ini dibagi di 23 desa dan posko.

Sedangkan Polres Blitar Kota yang akan mengamankan 8 desa di lima kecamatan di wilayah barat Kabupaten Blitar dengan jumlah personel sebanyak 259 orang.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma