Beranda Pemerintahan Belum Difungsikan, Namun Karet Elastomer Jembatan Brawijaya Sudah Diganti

Belum Difungsikan, Namun Karet Elastomer Jembatan Brawijaya Sudah Diganti

BERBAGI
proses penggantian karet elastomer jembatan brawijaya.(Foto: M Ubaidillah)

Kediri, AGTVnews.com – Meski jembatan Brawijaya yang ada di Kota kediri ini belum difungsikan, namun ternyata ada beberapa bagian yang rusak dan harus diganti. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kediri melalui PT Parahyangan melakukan pelepasan dan penggantian Karet Elastomer Jembatan.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) Kota Kediri, penggantian ini karena karet yang di fungsikan sebagai sendi dari jembatan tersebut telah rusak.

“Pada hari ini kita tengah melakukan perbaikan pada karet elastomer yang merupakan bagian penting dari pondasi bangunan jembatan Brawijaya. Perbaikan ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 3 minggu,” jelas Sunyata, Kamis (4/10/2018).

| Baca Juga:  Dua Tersangka Dugaan Korupsi Mega Proyek Jembatan Brawijaya Dilimpahkan Oleh Kejati Jawa Timur

Sunyata tidak mengetahui pasti penyebab kerusakan elastomer tersebut. Piaknya mengaku masih melakukan penyelidikan terkait hal tersebut.

|Simak video berita terkait:

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=wlbNu4PLW4w?showinfo=0&w=480&h=270]

 

“Kami masih belum mengetahui faktor utama penyebab dari rusaknya elastomer ini,” katanya.

Sunyata menambahkan, secara umum untuk estimasi dari ketahanan elastomer sendiri sebenarnya mampu bertahan hingga berapa tahun.

“Ya itu tadi, kami juga masih belum tahu kenapa kerusakan elastomer bisa secepat ini. Tetapi yang jelas dengan adanya kerusakan ini sudah menjadi tanggung jawab bagi pemenang tender untuk mengganti dan memperbaiki elastomer yang rusak ini,” jelasnya.

| Baca Juga:  Pembangunan Jembatan Brawijaya Dilanjutkan, Dinas PU Gelar Doa Bersama

Lebih lanjut, menurut Sunyata, sesuai dengan deadline masa pengerjaan dari jembatan Brawijaya akan berakhir pada bulan Desember 2018. Pada saat itu juga jembatan Brawijaya akan dilaunching.

“Sesuai dengan deadline dan perjanjian dengan pihak pemenang tender dalam pengerjaan lanjutan jembatan berakhir pada Bulan Desember 2018. Bersamaan dengan itu akan kita lakukan launching,” pungkasnya.

Sebelum dilanjutkan kembali, jembatan brawijaya tersebut telah mangkrak selama hampir 5 tahun.

Reporter: M Ubaidillah
Editor: Linda Kusuma