Beranda Wisata Hiburan Grebeg Suro 2018, Pemkot Kediri Gelar 1000 Jaranan

Grebeg Suro 2018, Pemkot Kediri Gelar 1000 Jaranan

BERBAGI
kemeriahan pagelaran 1000 jaranan Grebeg Suro.(foto;wiji guntoro)

AGTVnews.com – Memperingati bulan Suro penanggalan Jawa 2018, Pemerintah Kota Kediri menggelar Grebeg Suro 2018, di Stadion Brawijaya, Selasa malam (9/10/2018).

Grebeg Suro ini menampilkan 1000 jaranan. Kegiatan tahunan ini sebagai upaya Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) untuk melestarikan budaya daerah sekaligus mengenalkan potensi wisata.

tari 1000 jaranan tersebut diprakarsai pauyuban jaranan Wahyu Kridha Budaya Kota Kediri. Kegiatan ini mampu menyedot antusiasmen warga masyarakat baik dari Kota Kediri dan sekitarnya.

Kepala Kepala Disbudparpora Kota Kediri, Nur Muhiyar mengajak seluruh masyarakat terutama pemerhati seni untuk bersama-sama mencari solusi bagaimana cara memanfaatkan teknologi supaya dapat bersinergi dengan kesenian dan kebudayaan.

|video rekomendasi untuk anda:

 

| Baca Juga:  Peringati Isra Mi'raj, Wakil Walikota Kediri Beri Tausiah

 

 

“Dengan adanya sinergi yang apik antara teknologi dan kesenian harapannya supaya kesenian dan kebudayaan lokal dapat lebih semarak hingga kancah internasional,” ujarnya.

Nur Muhyar menambahkan, jaranan sudah melekat di masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa. Oleh karena itu menguri-uri kesenian asli sangat di perlukan agar tidak luntur.

“Dibutuhkan peran masyarakat untuk melestarikan dan mengenalkan jaranan. Dengan kemajuan teknologiseperti menggunakan media sosial. Harapannya kesenian ini akan lestari dan semakin dikenal,” pungkasnya.

Tari kolosal jaranan tersebut merupakan salah satu ciri atau ikon Kota Kediri yang sudah di kenal di Indonesia. Menceritakan berbagai cerita lokal yang di padu dalam tarian, menjadikan tradisi ini melekat di masyarakat Kediri.(*)

Advetorial Humas Pemkot Kediri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here