Beranda Pemerintahan Hasil Perolehan Sama, Pilkades Ringinanyar Diwarnai Aksi Protes

Hasil Perolehan Sama, Pilkades Ringinanyar Diwarnai Aksi Protes

BERBAGI
Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso.(foto:ana alana)

Blitar, AGTVnews.com – Aksi protes tersebut dilakukan pendukung salah satu calon kepala Desa Ringinanyar Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

Protes ini menyusul adanya keputusan panitia Pilkades yang memenangkan calon Kades nomor urut 2. Padahal calon kades nomor urut 1 Adib Ansroni dan calon kades nomor urut 2 Panggat mendapat perolehan suara yang sama, tanpa selisih sama sekali.

Massa pendukung nomor urut 1 Adib Asroni, merasa dicurangi oleh panitia dan menuntut dilakukan pemilihan ulang. Aksi protes ini dilakukan pasca penghitungan suara Selasa (9/2/10/2018) hingga Rabu (10/10/2018) dinihari. Bahkan massa pendukung mengancam akan melakukan aksi demo jika keputusan ini tak dibatalkan.

Dikonfirmasi terkait hal ini Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengaku masih menunggu laporan dari panitia. Saat ini permasalahan masih di ranah panitia sehingga Pemkab belum bisa bertindak.

| Baca Juga:  Urus paspor Bisa Gratis, Jika Lakukan Ini

|video rekomendasi untuk anda:

 

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=M9pLBRo5scI?showinfo=0&w=480&h=270]

 

 

“Kami masih menunggu laporan dari panitia. Nanti seperti apa dari panita seperti apa. Apakah hasil ini diterima atau tidak. Namun yang jelas saat ini masih di ranah panitia,” tutur Suhendro Winarso, Rabu (10/10/2018).

Suhendro menjelasakan,  berdasarkan aturan penyelenggaraan Pilkades tidak boleh gagal.

Mengacu pada undang-undang dan aturan turunanya berupa Permendagri hingga Perbub nomor 32 tahun 2018 secara rinci diatur jika ada pasangan yang perolehan suaranya sama di desa dengan satu TPS, maka calon terpilih ditetapkan dengan dasar perolehan suara terbanyak di dusun tempat masing-masing calon tinggal.

| Baca Juga:  Sering Periksa ke Rumah Sakit Pasien Jantung di Blitar Jadi PDP Corona

Sementara ketua panitia Pilkades Desa Ringinanyar Sutrisno mengaku tak akan mencabut keputusan memenangkan calon kades nomor urut dua. Menurutnya, panitia sudah mengambil keputusan sesuai dengan aturan dan prosedur yang ditetapkan dalam Pilkades.

“Dasarnya jelas ada Perbub 32 tahun 2018 pasal 64 ayat 4 yang menyatakan, jika terjadi perolehan sama, maka akan ditetapkan jumlah pemilih terbanyak pada dusun yang bersangkutan bertempat tinggal,” kata Sutrisno.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma