Beranda Politik Masuki Masa Kampanye, Hanya Satu Partai Yang Daftarkan Akun Medsosnya

Masuki Masa Kampanye, Hanya Satu Partai Yang Daftarkan Akun Medsosnya

BERBAGI
Agus Rofiq ketua KPU Kota Kediri.(foto:m ubaidillah)

Kediri, AGTVnews.com – Memasuki masa kampanye, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota kediri mewajibkan seluruh Partai yang ikut dalam kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 untuk mendaftarkan akun Media Sosial yang digunakan untuk berkampanye.

Meski demikian, sejak awal masa kampanye baru satu dari 14 partai yang mendaftarkan diri ke KPU Kota Kediri yang sudah mendaftarkan akun medsosnya. Partai tersebut adalah Partai Demokrat.

Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq mengatakan, sebenarnya KPU sudah melakukan sosialisasi untuk pendaftaran akun medsos tersebut. Namun hingga masuki masa kampanye tidak ada respon dari masing-masing parpol peserta pemilu.

“Kita sudah sering mensosialisasikan sebenarnya, jauh hari sebelum masuk dalam tahap tersebut. Namun sampai sekarang juga belum ada respon bagus dari mereka,” kata Agus Rofiq, kamais (11/10/2018).

|video rekomendasi untuk anda:

 


 

 

Agus Rofiq menjelaskan, meski himbauan untuk mendaftarkan akun Medsos tersebut bersifat wajib, namun tidak ada sanksi yang merugikan baik itu sanksi perdata maupun sanksi administrasi.

| Baca Juga:  KPU Akan Lelang Ribuan Kotak Suara Pilbup 2018

“Cuma begini, kalau akun Medsos Parpol didaftarkan, itu dampaknya ketika ada yang menyalahi aturan UU ITE,” jelas Agus Rofiq.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, “semisal ada yang menjelek-jelekkan Pancasila, jika kebetulan akunnya terdaftar di KPU maka sanksinya akan lebih ringan, karena penyelesaiannya hanya di ranah KPU. Namun ketika akun tersebut tidak terdaftar, penyelesaiannya di Kepolisian karena masuk di ranah UU ITE,” imbuhnya.

Agus Rofiq tetap menghimbau seluruh Parpol untuk tetap melaporkan akun medsos milik mereka ke KPU, karena hal tersebut ada dalam peraturan PKPU yang telah disahkan. Sementara itu, masa kampanye bagi parpol telah dimulai pada 23/9/2018 lalu.(*)

Reporter: M Ubaidillah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here