Beranda Pendidikan Siswa Belajar di Halaman Parkir, Diknas: Ini Kesalahan Dapodik

Siswa Belajar di Halaman Parkir, Diknas: Ini Kesalahan Dapodik

BERBAGI
kepala dinas Pendidikan Tulungagung, Suharno.(Foto:Firmanto Imansyah)

Tulungagung, AGTVnews.com – Ramainya pemberitaan puluhan siswa di SD Negeri 3 Serut Kecamatan Boyolangu, harus belajar di halaman parkir, langsung mendapat respon dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tulungagung.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Suharno diperkirakan yang terjadi selama ini ada kesalahan dalam pengisian Data Pokok Pendidikan (DAPODIK).

Dimungkinkan dalam data tersebut tertera jumlah lokal kelas yang terpenuhi sehingga permintaan untuk penambahan kelas melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tidak bisa terlaksana.

| Baca Juga:  Honorer Non Guru Diusulkan Tunjangan Rp250 ribu

“Kemungkinan DAK dari pusat tidak turun atau terealisasi karena ada kesalahan dalam Dapodik. Sehingga pemerintah pusat belum mengalokasikan untuk itu. Apalagi selama ini kan siswa kelas 2 nya masuk siang, sehingga dianggap ruangan kelasnya masih tercukupi,” jelas Suharno.

|video rekomendasi untuk anda:

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=mrriJwAP-ng?showinfo=0&w=480&h=270]

Untuk itu Suharno menegaskan bakal mengusulkan pembangunan kelas pada tahun 2019, dengan prediksi anggaran sebesar Rp 160 juta. Anggaran tersebut bersumber dari APBD Tahun 2019.

“Prediksi anggarannya Rp 160 juta. Itu sudah termasuk mebeler, meja kursi dan lain-lain pokoknya lengkap,” tegasnya.

| Baca Juga:  Pemkab Tulungagung Akui Alat Deteksi Tsunami Rusak

Pihaknya yakin usulan tersebut bisa terealisasi, mengingat masih ada lahan di sekolah yang bisa digunakan menjadi ruang kelas. Apalagi dari informasi yang diterimanya, sudah ada pondasi di sekolah yang bisa dilanjutkan pembangunanya menjadi ruang kelas.

“Ya kita kawal update dapodiknya, kemudian kita juga ajukan untuk penganggaran dari APBDnya. Bisa saja, sebab lahannya masih ada ,terus sudah ada pondasinya juga” pungkas Suharno.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma