Beranda Viral Temuan Ratusan Koin Kuno, Diduga Peninggalan Jaman Jepang

Temuan Ratusan Koin Kuno, Diduga Peninggalan Jaman Jepang

BERBAGI
temuan koin kuno. (foto: Firmanto Imansyah)

Tulungagung, AGTVnews.com – Ditemukannya ratusan uang koin kuno di pertambangan pasir Desa Pulotondo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung cukup membuat kaget masyarakat. Diduga uang koin dengan lubang kotak ditengahnya tersebut merupakan koin peninggalan jaman Jepang.

Menurut pengelola Museum Wajakensis Tulungagung, Haryadi Pamungkas usai ditemukan oleh penambang pasir kemudian ratusan koin tersebut diserahkan kepada Dedi Puji seorang warga Blitar yang kemudian menyerahkannya kepada Pemkab Tulungagung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tulungagung.

Penemuan pertama terjadi pada bulan Agustus yang lalu, saat itu 582 koin diserahkan kepada Disbudpar, kemudian diserahkan kepada Museum Wajakensis. Penemuan berikutanya pada awal Oktober ini.

“Ditemukan awalnya oleh temannya saat menggali pasir kemudian diserahkan kepada pak Dedi ini dan dibawa ke Disbudpar Tulungagung,” ujar Hariyandi, Sabtu (6/10/2018).

 

|video rekomendasi untuk anda:

 

 

 

Haryadi menjelaskan, saat penyerahan penemuan kedua ada 208 koin, dengan bentuk dan model serta kondisi yang sama.

“Totalnya saat ini menjadi 879 koin, kondisinya seperti ini sebagian berkarat sampai warnanya biru, bentuknya bulat dan ada lubang kotak pada bagian tengahnya,” lanjut Haryadi.

Meski saat ini museum Wajakensis menyimpan koin kuno tersebut, namun tidak memiliki kewenangan untuk memastikan jenis koin tersebut, umur, bahan, hingga keberadaanya pada masa apa.

Sebab untuk memastikannya diperlukan investigasi, dan yang berhak melakukan investigasi adalah Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dalam hal ini BPCB Provinsi Jawa Timur.

Dalam waktu dekat pihaknya akan mendatangi BPCB untuk memastikan jenis koin tersebut. “Untuk tahu lebih jelas mengenai umur, bahan serta digunakan pada masa apa, itu butuh investigasi dan kita serahkan investogasinya kepada BPCB nanti,” tegasnya.

Namun Haryadi mengakui, berdasarkan hasil sementara dari sekilas pandangan secara fisik ditemukan beberapa huruf jepang pada koin tersebut. Diduga koin-koin tersebut ada kaitannya dengan masa kependudukan tentara Jepang di Indonesia.

“Ini sepertinya sekilas nampak ada huruf Jepangnya. Pada koin itu kemungkinan koin ini berasal saat kependudukan tentara Jepang di Indonesia,” pungkasnya.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here