Beranda Hukum Kriminal Anak di Bawah Umur Dominasi Pelanggaran Ops Zebra Semeru 2018

Anak di Bawah Umur Dominasi Pelanggaran Ops Zebra Semeru 2018

BERBAGI
petugas memeriksa kelengkapan berkendara seorang pelajar yang masih dibawah umur.(foto:Ana Alana)

AGTVnews.com – Pelanggaran disiplin dan tertib berlalu lintas di Kabupaten Blitar terbilang masih tinggi. Selama sepekan pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2018, petugas mencatat ada 1250 pelanggaran disiplin dan tertib berlalulintas di jalan raya. Pelanggaran tersebut didominasi pengendara di bawah umur.

Kasatlantas Polres Blitar AKP Muhammad Amirul Hakim mengungkapkan, umumnya para pelanggar ini tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak memakai helm serta tidak memperhatikan kelengkapan kendaraan bermotor saat berkendara.

“Jumlah pelanggaran tertib berlalu lintas di jalan raya cukup tinggi. Terhitung 1250 pelanggar kami tindak selama tujuh hari pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2018 yang dimulai sejak 30 Oktober lalu,” ungkap Amirul Hakim, Senin (5/11/2018).

Menurut Amirul, selain masih didominasi anak di bawah umur jumlah pelanggaran Ops Zebra Semeru 2018 tahun ini juga mengalami peningkatan dibanding gelaran razia yang sama di tahun 2017.

| Baca Juga:  Sebelum Tewas Dibacok Temannya, Sugeng Pesta Miras Ditemani Istri

|video rekomendasi untuk anda:

 


 

Pada gelaran Ops Zebra Semeru 2017, di hari ketujuh, tercatat 1099 pelanggar yang terjaring razia dan mendapatkan penindakan.

Amirul menghimbau kepada orang tua untuk melarang anaknya yang masih di bawah umur mengemudikan kendaraan. Upaya tersebut juga untuk menekan terjadinya jumlah kecelakaan yang melibatkan anak dibawah umur.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, usia minimal pemohon surat izin mengemudi (SIM) adalah 16 tahun untuk SIM C dan 17 tahun untuk SIM A.

Artinya, membiarkan anak di bawah umur untuk mengemudi berarti sama saja dengan menjerumuskan anak-anak ke jerat hukum.  “Anak di bawah umur dari segi mental maupun fisik belum diperbolehkan mengendarai kendaraan,” tegasnya.(*)

 

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here