Beranda Hukum Kriminal Awas! Klinik Kecantikan di Blitar Tak Berizin

Awas! Klinik Kecantikan di Blitar Tak Berizin

BERBAGI

AGTVnews.com – Praktek klinik kecantikan belakangan semakin menjamur, termasuk di Kabupaten Blitar. Tempat poles penampilan ini bahkan menyebar hampir di seluruh kecamatan.

Sayangnya, sejumlah klinik kecantikan yang membuka praktek ini tak satupun yang mengajukan izin operasional. Hal ini seperti diungkapkan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Christine Indrawati.

Menurutnya, Dinkes Kabupaten Blitar memang tak memiliki data pasti jumlah klinik kecantikan yang membuka praktek di Kabupaten Blitar. Namun berdasarkan pantauan di lapangan dipastikan ada puluhan klinik kecantikan yang beroperasi secara bebas tanpa mengantongi izin resmi.

| Baca Juga:  Warga Disengat Tawon Vespa, Damkar Kabupaten Blitar Evakuasi Sarang dari Atap Kamar Mandi

“Pantauan di lapangan sudah ada puluhan yang beroperasi namun semua tidak pernah mengajukan izin,” papar Christine, Senin (12/11/2018).

| Simak video berita terkait:

Diduga, pemilik bisnis klinik kecantikan ini enggan mengajukan perijinan ke Dinas Penanaman Modal Dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP). Karena harus melewati prosedur yang cukup rumit sama seperti pengurusan perijinan klinik kesehatan swasta.

“Dengan kondisi ini tentu kami semakin intens turun ke lapangan. Kita memberikan sosialisasi agar pemilik mengajukan izin. Karena biasanya, mereka dari luar hanya nampak seperti salon biasa namun di dalamnya ada praktek klinik kecantikan,” ungkap Christine.

| Baca Juga:  Hujan Angin Rumah Warga di Blitar Tertimpa Plengsengan

Dampak yang ditimbulkan adalah tidak adanya standar pelayanan dan prosedur penggunaan obat apabila ada. “Dampaknya luas ya, jadi masyarakat harus berhati-hati,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here