Beranda Hukum Kriminal Janda di Kediri Tega Buang Bayi, Alasannya Bikin Trenyuh

Janda di Kediri Tega Buang Bayi, Alasannya Bikin Trenyuh

BERBAGI

AGTVnews.com – Jajaran Polres Kediri menangkap seorang janda yang tega membuang buah hatinya yang baru lahir 2 hari. Pembuangan bayi tersebut sudah direncanakan dengan matang agar bisa ditemukan orang lain.

Pelaku tersebut berinisial MY (34 tahun) warga Jalan Pamenang Dusun Katang Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Sedangkan lokasi pembuangan ada di Jalan Gereja RT 2 RW 1 Desa Sambirejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, atau berjarak sekitar 15 km.

Wakapolres Kediri Kompol I Made Dhanu Wardana menjelaskan, pelaku nekat menelantarkan anaknya sendiri lantaran lahir prematur dan hanya memiliki berat badan sebesar 2 kg. “Atas dasar itu, pelaku berasumsi bahwa nantinya kelangsungan hidup si bayi akan cacat atau tidak normal ketika sudah besar,” ujar Kompol Dhanu saat gelar kasus, Selasa (13/11/2018).

| Baca Juga:  Warisan Tidak Segera Dibagi, Anak Tusuk Ibu Tiri HIngga Nyaris Tewas

| video rekomendasi untuk anda:

Ditambahkan Wakapolres, alasan dari pelaku ini melakukan pembuangan bayi lantaran bayi tersebut merupakan hasil hubungan dengan suami sirinya. “Ibu ini berasumsi sendiri bahwa suaminya bakal kecewa bila memiliki anak cacat, sehingga dibuang agar ditemukan orang lain,” jelasnya.

Pengungkapan kasus ini juga terbilang mudah. Sebab pelaku memuang bayinya dalam kardus yang dilengkap peralatan tidur dan keperluan mandi. Tanpa disadari oleh pelaku, salah satu perlengkapan bayi merupakan barang inventaris dari rumah sakit bersalin Aura Syifa.

| Baca Juga:  HP Disita Ibu, Siswi SMP Ini Pilih Gantung Diri

Lebih lanjut atas perbuatan pelaku ini, ia dijerat dengan pasal 77B junto pasal 76B UU RI No. 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak. Dengan hukuman pidana paling lama 5 tahun kurungan penjara dengan denda paling banyak Rp 100 juta.

“Sementara itu untuk kondisi bayi saat ini masih dilakukan perawatan di RSUD Pare. Sedangkan nantinya untuk Bayi ini akan disampaikan kembali kepada keluarganya untuk dirawat,” terangnya.(*)

Reporter: M Ubaidhillah
Editor  : Yusuf Saputro