Beranda Peristiwa Rabat Beton Longsor, Akses Transportasi Desa Penjor Terganggu

Rabat Beton Longsor, Akses Transportasi Desa Penjor Terganggu

BERBAGI
kondisi rabat beton yang longsor. (foto: Firmanto Imansyah)

Tulungagung, AGTVnews.com – Hujan semalaman di wilayah Desa Penjor Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung mengakibatkan rabat beton penghubung antar dusun di desa setempat retak dan longsor, Kamis (15/11/2018).

Menurut salah satu warga, Supirah, longsoran tersebut diketahui saat dirinya akan melintas ke dusun lain. Karena tidak bisa dilalui, akhirnya kejadian tersebut dilaporkan ke pihak desa kemudian diteruskan kepada pihak kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung.

“Tadi itu, tahu-tahu longsor. Akhirnya langsung laporan pak kades,” ujar Supirah.

| Baca Juga:  Detik-detik Longsor Terjang 5 Rumah Warga

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Tulungagung, Iptu Sumaji mengatakan, berdasarkan laporan anggota di lapangan, longsor yang menimpa jalan rabat beton tersebut mengakibatkan transportasi di desa Penjor terganggu.

|video rekomendasi untuk anda:

 

Longsoran sepanjang 5 meter dengan ketinggian 7 meter tersebut, menjadikan masyarakat tidak bisa leluasa menggunakan jalan rabat tersebut dan memilih untuk bergantian saat melintasinya.

“Memang benar telah terjadi longsor di Pagerwojo. Tidak hanya tanah longsor, hujan deras yang terjadi pada Rabu malam mulai pukul 21.30 hingga 22.30 tersebut juga membuat rabat beton mengalami keretakan hingga sepanjang 15 meter dan berpotensi ambles seperti lokasi di dekatnya,” jelas Iptu Sumaji.

| Baca Juga:  Longsor Nganjuk Adalah Tragedi Bagi Kearifan Lokal

Akibat longsoran ini, diperkirakan kerugian mencapai Rp 100 juta. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, petugas kepolisian dan TNI serta BPBD langsung melakukan pengamanan dengan memasang tanda pengaman di lokasi kejadian dan pembatas, agar masyarakat berhati hati saat melewati lokasi tersebut.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma