Beranda Pemerintahan Sepeda Gratis Dimodifikasi, Ini Kata Dinas Pendidikan

Sepeda Gratis Dimodifikasi, Ini Kata Dinas Pendidikan

BERBAGI
sepeda gratis untuk siswa SMP di Kota Blitar.(reporter: Ana Alana)

Blitar, AGTVnews.com – Penggunaan sepeda gratis untuk siswa SMP terus dievaluasi oleh Dinas Pendidikan Kota Blitar. Dari hasil evaluasi Dinas Pendidikan menemukan sejumlah sepeda kayuh dalam kondisi rusak ringan.

Selain rusak, juga ditemukan sejumlah siswa yang memodifikasi sepedanya dengan mengganti model setir dan melepas keranjang di bagian depan sepeda.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Turkamandoko mengatakan, status sepeda yang digunakan para siswa smp tersebut merupakan pinjam pakai.

“Siswa harus ikut merawat sepedanya. Jangan sampai dimodifikasi macam-macam. Kalau sudah terlanjur dimodifikasi, kami meminta sekolah agar mengingatkan siswa untuk mengembalikan ke bentuk semula,” jelasnya, Selasa (6/11/2018).

|video rekomendasi untuk anda:

 

 

Menurut Turkamondoko, biaya perbaikan untuk sepeda yang mengalami kerusakan ringan ditanggung pihak sekolah. Namun jika sepeda mengalami kerusakan yang cukup berat pihak dinas akan mengantinya dengan memberikan sepeda baru.

“Untuk saat ini semua kebutuhan sepeda untuk siswa sudah terpenuhi. Sehingga jika ada yang rusak berat akan diganti daripada kerusakan semakin parah dan membahayakan siswa yang menggunakan,” imbuhnya.

| Baca Juga:  Sempat Molor, Pembagian Sepeda Gratis Kota Blitar Tahap Kedua Terealisasi

Lebih lanjut Turkamandoko mengimbau, pihak sekolah ikut mengawasi penggunaan sepeda. Sekolah diminta menegur siswa yang memodifikasi bentuk sepeda. Sebab, sepeda itu akan dipakai lagi untuk siswa baru jika siswa lama sudah lulus sekolah.

“Kami sudah minta sekolah agar lebih ketat mengawasi penggunaan sepeda siswa. Supaya kondisi sepeda tetap bagus dan terawat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tahun 2018 ini Pemkot Blitar melalui Dinas Pendidikan membagikan sebanyak 1.262 unit sepeda ke siswa. Anggaran pengadaan sepeda siswa tahap kedua sekitar Rp 2,3 miliar.

Sebelumnya pada akhir 2017 lalu sebanyak , 4.398 unit sepeda gratis juga sudah dibagikan ke siswa SMP. Anggaran untuk pengadaan sepeda tahap pertama saat itu mencapai Rp 11 miliar.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here