Beranda Pemerintahan Formasi CPNS Dokter Spesialis Sepi Peminat, Ungkap Sekda Tulungagung Itu Wajar

Formasi CPNS Dokter Spesialis Sepi Peminat, Ungkap Sekda Tulungagung Itu Wajar

BERBAGI
sekda Tulungagung, Indra Fauzi. (Foto: Firmanto Imansyah)

AGTVnews.com – Sebanyak 26 formasi CPNS tahun 2018 untuk pemkab Tulungagung tidak diisi oleh pendaftar, hampir 80%nya merupakan CPNS untuk dokter spesialis yang akan ditempatkan di RSUD Dr Iskak Tulungagung.

Menanggapi fenomena ini, Sekretaris Daerah Pemkab Tulungagung Indra Fauzi menilai, sepinya minat pendaftar untuk mengisi posisi ini sangat wajar dan sudah bisa diprediksikan sebelumnya.

Sebab banyak peserta tes CPNS yang sudah memiliki keahlian dokter spesialis namun usianya sudah diatas 35 tahun.

Padahal syarat yang diberikan oleh Panitia Seleksi Nasional (panselnas) untuk peserta tes CPNS tahun ini maksimal 35 tahun, imbasnya bagi mereka yang berusia diatas 35 tahun secara otomatis akan gugur.

| Baca Juga:  Awal Musim Hujan, Tulungagung Sudah Banjir

|video rekomendasi untuk anda:

 

 

“Itu wajar, lha syaratnya maksimal 35 tahun, terus sudah moratorium 7 tahun, mana ada dokter spesialis usia dibawah itu,” ujar Indra Fauzi, Rabu (19/12/2018).

Indra menjelaskan, untuk bisa mendapatkan spesialis dalam dunia kedokteran paling cepat ditempuh dengan usia rata-rata 33 atau 34 tahun. Namun moratorium penerimaan CPNS selama 7 tahun terakhir ini tentu saja berpengaruh.

“Sekarang coba dihitung, dapat spesialis usianya berapa?, terus itu dapatnya kapan dan sekarang usianya berapa. Susah memang kalau syaratnya maksimal 35 tahun,” lanjutnya.

Dengan kondisi seperti ini pihaknya hanya bisa melaporkannya kepada Panselnas mengenai kekosongan formasi yang terjadi di Tulungagung. Selanjutnya keputusan pengisian dengan formasi lain maupun dengan keputusan apa pun bukan lagi kewenangan pemkab melainkan kewenangan panselnas.

| Baca Juga:  Wana Wisata Jurang Senggani, Destinasi Wisata Baru di Tulungagung

“Ya kita laporkan apa adanya kepada panselnas, nanti apa yang akan diambil terserah panselnas semuanya,” pungkas Indra.

Sementara itu berdasarkan data dari BKD, dari 567 formasi yang ditawarkan, terdapat sekitar 6 ribuan peserta tes CPNS yang mendaftar.

Dari tes pertama yakni Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) terdapat 1.169 peserta yang mampu lolos ke tes akhir yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sedangkan untuk hasil tes SKB diperkirakan diumumkan pada akhir Desember sebelum pergantian tahun.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here